DaerahKota Tangsel
Trending

Benyamin Davnie Terima Kunjungan DPD RI, Bahas Penanganan Bencana Daerah

CIPUTAT, BANTEN RAYA – Wakil Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie menerima kunjungan kunjungan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang diwakili oleh Abdullah Puteh serta anggota dari daerah pemilihan (dapil) Banten Andiara Aprilia Hikmat. Dalam kunjungan tersebut, Pemkot Tangsel dan anggota DPD RI membahas mengenai penanganan bencana daerah.

Penerimaan kunjungan DPD RI berlangsung di Ruang Blandongan, Pusat Pemerintahan Kota (Puspemkot) Tangsel, Senin (8/2/2021).

Dalam kesempatan itu Benyamin mengatakan, pihaknya secara masif terus melakukan penanganan bencana alam dan non alam yang terjadi di daerah yang berbatasan langsung dengan DKI Jakarta tersebut. 

Menurutnya, agar penanganan bisa optimal maka diperlukan upaya secara terintegrasi. Penanganan harus dilakukan bersama dan tentunya membutuhkan koordinasi dengan daerah-daerah yang berada di sekitar Tangsel. 

”Itu perlu kerjasama dengan daerah lain, pemerintah pusat juga,” ujarnya. 

Ia menjelaskan, terkait hal itu pihaknya sudah berupaya menjalin koordinasi daerah sekitar. Salah satunya adalah dengan mengagas pembangunan drainase antar daerah. Hal itu harus dilakukan secara sinergi dna tentunya dengam koordinasi yamg kuat. Jika tidak, maka bisa saja program itu hanya akan memindahkan titik banjir.

Selain banjir, hal lain yang menjadi perhatiannya adalah ketersediaan pangan pada dua kecamatan di Kota Tangsel. Dari kriterianya, Kecamatan Serpong Utara dan Ciputat memiliki pengeluaran konsumsi masyarakat lebih tinggi dibandimg kecamatan yang lainnya. Sehingga di sana dibutuhkan lebih banyak ketersediaan pangan. 

Bilamana hal itu tak dilakukan maka dikhawatirkan akan mendorong terjadinya inflasi. Hal itu bakal secara otomatis membuat pengeluaran masyarakat menjadi lebih besar juga.

“Dampaknya mengurangi saving (pendapatan yang tidak dikeluarkan untuk pemuasan kebutuhan sekarang-red. Akhirnya membentuk kemiskinan, solusinya adalah dengan bantuan pangan dari berbagai pihak,” katanya.

Selanjutnya terkait pandemi Covid-19, Pemkot Tangsel masih menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sebagaimana yang direkomendasikan oleh pemerintah pusat.

Untuk persoalan itu, lanjut Benyamin, tahun ini Pemkot Tangsel telah menyiapkan anggaran untuk penanganan Covid-19. Dia berharap, dengan adanya anggaran yang sudah disiapkan oleh pemerintah bisa menangani bencana non alam tersebut. Dengan demikian, warga Tangsel bisa hidup dengan nyaman di kota termuda di Provinsi Banten itu.

Sementara itu, Anggota DPD RI Andiara Aprilia Hikmat menjelaskan, bahwa dirinya sudah mendengarkan apa saja sekiranya hal yang memang dibutuhkan oleh masyarakat Tangsel. Ia memastikan bahwa DPD RI akan membantu untuk memberikan fasilitas berupa dukungan anggaran.

”Karena kita bicara soal Banten, jadi nantinya kita akan support anggaran kepada Pak Gubernur dan Pak Wakil Gubernur,” kata dia yang menambahkan bahwa dukungan tersebjt untuk membantu pemerintah daerah dalam mengatasi berbagai bencana yang bisa saja terjadi. (nurdin)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp