DaerahKesehatanKota TangselPemprov Banten
Trending

Lansia di Banten Sekarang Bisa Ikut Divaksin Covid-19

SERANG, BANTEN RAYA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten meluncurkan program vaksinasi Covid-19 untuk tenaga kesehatan (nakes) lanjut usia (lansia), Senin (8/2/2021). 11 dokter di Rumah Sakit Premier Bintaro, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pun menjadi kelompok pertama yamg disuntikkam produk medis tersebut.

Seperti diketahui, sebelumnya pada vaksinasi tahap pertama dengan sasaran nakes, program itu hanya diperuntukkan bagi mereka yang berusia 18 hingga 59 tahun. Hal tersebut dilakukan lantaran vaksin Sinovac yang dipakai memiliki kriteria menggunakan demikian.

Kepala Dinkes Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan, kemarin merupakan pertama kalinya program vaksinasi untuk nakes di atas 60 tahun dilakukan. Dari kegiatan tersebut pihaknya ingin memyampaikan kepada masyarakat dan nakes lain bahwa vaksinasi untuk lansia tidak ada masalah.

“Hari ini (kemarin-red) kita launching vaksinasi khusus untuk lansia. Ada sekitar 11 nakes yang merupakan para dokter spesialis yang dilakukan vaksinasi. Mereka berusia di atas 60 tahun,” ujarnya.

Mantan Direktur Utama RSUD Kota Tangerang itu mengungkapkan, dari vaksinasi hari pertama nakes lansia semua berjalan dengan baik. Meski demikian, Ati tak mengungkap jenis vaksin yang digunakan.

Ia juga berharap, seluruh fasilitas kesehatan yang ada di Banten bisa menyertakan nakes yang usianya di atas 60 tahun untuk mengikuti vaksinasi lansia.

“Semoga ini semua dapat dilakukan di fasilitas kesehatan lain. Baik untuk dokter rumah sakit, dokter klinik maupun dokter yang praktik sendiri dan lain sebagainya. Ini semua tentunya dalam rangka mendukung program kesehatan nasional,” katanya.

Lebih jauh Ati memaparkan, adapun jumlah nakes lansia se-Provinsi Banten saat ini jumlahnya ada sekitar 453 orang. Mereka selamjutnya akan diberikan vaksin secara bertahap di fasilitas kesehatan yang sudah ditunjuk untuk melakukan penyuntikkan vaksin.

“Diharapkan tidak ada keraguan bagi yang lain untuk dilakukan vaksinasi,” ungkapnya.

Direktur Rumah Sakit Premier Bintaro Martha Siahaan mengapresiasi program vaksinasi nakes lansia yang digelar Dinkes Banten.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai komintmen terhadap penanganan Covid-19. Terima kasih kepada pemerintah yang telah memvaksin 11 nakes lansia kami. Mereka menyatakan setelah divaksin kondisinya baik dan aman,” tuturnya. (dewa)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp