Lebak
Trending

63 Rumah di Lebak Terendam Banjir, 3 Lainnya Rusak Tergerus Longsor

LEBAK, BANTEN RAYA – sebanyak 63 rumah warga di Kecamatan Cibadak, Warunggung, Banjarsari serta Kecamatan Bojongmanik terendam banjir, Sabtu (3/4/2021). Sementara itu, 3 rumah di Desa Wanasari Kecamatan Cibeber dan Desa Sobang Kecamatan Sobang, rusak ringan hingga berat akibat tergerus longsor.

Berdasarkan data yang dimiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, kejadian tersebut terjadi akibat hujan yang terus menguyur sejak Jumat (2/4/2021) malam. Meski demikian dati rangkaian peristiwa itu tidak ditemukan adanya korban jiwa.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Febby Rizky Pratama kepada Banten Raya mengatakan, banjir yang terjadi di empat kecamatan, serta merendam puluhan rumah bukan disebabkan luapan air dari aliran sungai. Banjir terjadi berasal dari luapan saluran drainase yang kurang optimal.

“Relawan kami sudah melakukan pengecekan langsung ke empat kecamatan tersebut. Ternyata banjir yang terjadi semuanya akibat luapan saluran drainase yang tidak mampu menampung air dari curah hujan yang tinggi,” ujar Febby.

Terkait terjadinya longsor di Kecamatan Cibeber dan Sobang lanjut Febby, disebabkan pula oleh curah hujan yang sangat tinggi. Saat ini ketiga pemilik rumah yang terkena longsor sudah didatangi relawan BPBD beserta aparat desa setempat.

“Data jumlah rumah yang terendam banjir dan yang rusak akibat tergerus longsor masih merupakan data hingga pukul 11.42 WIB hari ini,” paparnya. (hudaya)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp