DaerahLebak
Trending

Bantaran Sungai Ciujung Makin Memprihatinkan, Rumah-rumah Warga di Rangkasbitung Nyaris Tergerus Longsor

LEBAK, BANTEN RAYA – Kondisi bantaran Sungai Ciujung di tiga kelurahan yaitu Kelurahan Cijoro Lebak, Muara Ciujung Timur, Kelurahan Muara Ciujung Barat, Kecamatan Rangkasbitung dinilai semakin memprihatinkan. Bahkan, aliran sungai sering meluap sehingga mengakibatkan terkikisnya lapisan tanah bantaran. Akibatnya, banyak rumah warga yang nyaris tergerus longsor.

Pantauan Banten Raya, tepatnya situasi itu terjadi di Kampung Salahaur, Kelurahan Cijoro Lebak, Kampung Kebon Kalapa, Kelurahan, Muara Ciujung Timur, serta di Kampung Muhara, Kelurahan Muara Ciujung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, 

Warga Kampung Kebon Kalapa Hadi Muntoha kepada Banten Raya mengatakan, kondisi bantaran sungai di kampungnya cukup parah. Ia berharap, Pemkab Lebak bisa segera mengambil tindakkan dengan membangun bronjong agar tidak terjadi longsor.

“Kalau tidak ada penahan arus sungai maka lambat laut banyak rumah di bantaran sungai terancam tergerus longsor,” ujar Hadi.

Kepala Bidang Sumber Daya Air pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Lebak Dade Yan Apriandi mengatakan, untuk penanganan bantaran Sungai Ciujung bukan tanggung jawab Pemkab Lebak. Kewenangannya ada Balai Besar Wilayah Sungai Ciujung, Cidanau, Cidurian (BBWSC3) Banten.

“Yang bisa kami lalukan hanya menginformasikannya saja ke pihak BBWSC3 Banten. Bila untuk menanganinya bukan kewenangan kami,” terangnya. (hudaya)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp