DaerahLebak
Trending

Beroperasi di Tahun 80 Sampai 90-an, Kini Bioskop Mandala Rangkasbitung Terbengkalai

LEBAK, BANTEN RAYA – Gedung Bioskop Mandala Rangkasbitung di Kampung Mandala, Desa Kaduagung, Kecamatan Cibadak kondisinya kini terbengkalai. Bahkan, akibat tidak lagi dimanfaatkan, hampir seluruh sudut bangunan yang dikenal juga sebagai Mandala Theater Rangkasbitung itu sudah mulai rusak. 

Pantauan Banten Raya, meski bangunan masih terlihar dari arah jalan namun jika dilihat dari dekat kondisinya memprihatinkan. Seluruh area gedung bioskop dipenuhi oleh tumbuhan liar. Sejumlah sudut bangunan pun sudah keropos termakan usia. Sementara halaman gedung dimanfaatkan pedagang kaki lima untuk menyimpan gerobaknya. 

Warga Kampung Mandala Kurniawa kepada Banten Raya mengatakan, pengoperasian bioskop tersebut memang cukup singkat. Kurang lebih hanya berjalan tiga tahun dari 1987 hingga 1990. Hal itu disebabkan akibat minimnya sarana transportasi umum dari Rangkasbitung menuju Mandala pada saat itu.

“Pada tahun 1987, di sini belum ada Terminal Mandala, rumah toko, maupun perumahan. Terminal Mandala dan ruko baru dibangun pada 1994. Jadi pada saat bioskop Mandala dibangun lalu dioperasikan, maka transpostasi umum untuk masyarakat yang akan nonton ke bioskop menjadi sulit,” ujarnya.

Akibat sepi penonton lantaran minimnya alat tranaportasi umum, maka bioskop itupun menutup Operasionalnya. Hingga sekarang, gedung bioskop yang konon milik bos TangCity tersebut kondisinya memprihatinkan.

“Kabarnya bioskop tersebut milik bos Tang City. Namun pada saat itu pemiliknya belum memiliki nama perusahaan bernama TangCity,” tuturnya. (hudaya)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp