DaerahEkonomi & BisnisLebak
Trending

Bulan Puasa, Pemohon Kartu Kuning di Lebak Turun Drastis

LEBAK, BANTEN RAYA -Pemohon kartu kuning di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lebak turun drastis selama Ramadan. Sebelum memasuki Ramadan, jumlah pemohon kartu kuning mencapai 50 orang per hari, sedangkan kini hanya 10 hingga 11 orang saja

Kepala Disnakertrans Lebak, Tajudin kepada Banten Raya membenarkan, bila pemohon kartu kuning untuk persayaratan melamar pekerjaan kini menurun. 

“Hampir setiap tahun, tepatnya saat memasuki Ramadan jumlah pemohon kartu kuning akan mengalami penurunan. Seperti Ramadan sekarang misalnya, per hari paling hanya 10 hingga 11 pemohon. Biasanya 50 pemohon,” ujar Tajudin, kemarin.

Diungkapkannya, dari pemohon kartu kuning yang masuk, selurunnya akan melamar ke perusahaan swasta yang sebagian besar berlokasi di luar Kabupaten Lebak. Sedangkan sebagian kecilnya akan melamar kebeberapa perusahaan swasta di sekitar Rangkasbitung.

“Pemohon tersebut 80 persen lulusan SLTA, 15 persen lulusan SLTP, serta lima persennya adalah sarjana,” terang Tajudin.

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja pada Disnakertrans Kabupaten Lebak, Rully Chaeruliyanto mengatakan, hingga menjelang Idul Fitri mendatang pemohon kartu kuning dipastikan tidak akan banyak. Jumlah pemohon akan kembali membeludak, pada pasca libur Lebaran mendatang.

“Karena masih Ramadan, kemungkinan masih jarang perusahaan swasta yang membuka lowongan. Makanya pemohon kartu kuning tidak begitu banyak. Namun, di pasca Lebaran, biasanya banyak perusahaan swasta banyak yang membuka lowongan, sehingga pemohon kartu kuningpun biasanya membeludak,”ujar Rully. (hudaya/muhaemin)

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp