DaerahLebak
Trending

Cek Daging Jelang Ramadan, Petugas Temukan Cacing Hati di Pasar Rangkasbitung

LEBAK, BANTEN RAYA – Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Lebak melakukan pemeriksaan daging kerbau, sapi, dan daging ayam negeri di Pasar Rangkasbitung, Senin (12/4/2021). Dari hasil pemeriksaan tersebut, terdapat hati sapi milik salah seorang pedagang terpaksa diapkir Disnak karena terdapat cacing.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan pada Disnak Kabupaten Lebak Hani Malichatin mengatakan, dari hasil pemeriksan pihaknya menemukan hati sapi sudah bercacing di lapak salah satu pedagang. Agar hati bercacing tidak dijual, Disnak memerintahkan pedagang tidak menjual hati sapi tersebut.

“Saat sidak kami memang menemukan hati sapi yang sudah bercacing. Pada saat itu juga pedagangnya kami tegur, serta diperintahkan agar hati sapi itu tidak dipajang di lapak,” ujarnya.

Sedangkan untuk daging kerbau, sapi, maupun ayam negeri di Pasar Rangkasbitung, secara umum layak jual. “Kami minta pedagang selektif menerima daging sebelum dipasarkan. Selama puasa Ramadan hingga Idul Fitri permintaan daging akan mengalami peningkatan,” katanya.

Kepala Disnak Kabupaten Lebak Rahmat mengatakan, setiap melakukan pemeriksaan, pihaknya juga melarang pedagang memperjualbelikan daging yang dianggap tidak sehat atau diketahui menggunakan bahan pengawet.

“Kami akan melakukan upaya pencegahan, terhadap kemungkinan adanya pedagang daging yang berusaha curang terhadap konsumennya,” tegas Rahmat. (hudaya/muhaemin)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp