DaerahKesehatanLebak

Ibu Terlebih Dahulu Terinfeksi, 3 Balita Idap HIV/AIDS Sejak Lahir

LEBAK, BANTEN RAYA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak mencatat, sepanjang tahun 2020 ada 83 orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Lebak. ODHA berjenis kelami pria sebanyak 51 orang, termasuk tiga balita yang semuanya masih berusia sekitar tiga tahun. Sisanya, sebanyak 32 orang berjenis kelamin perempuan, yang sebagian besar kalangan ibu rumah tangga (IRT).

Bagian Pengelolaan Program HIV/AIDS pada Dinkes Kabupaten Lebak Leni Farida kepada Banten Raya mengatakan, trend ODHA tahun ini terbilang menurun dibanding kasus atau jumlah ODHA pada 2019 yang totalnya mencapai 96 warga. “Dari 96 ODHA pada 2019, berjenis kelamin pria sebanyak 57 orang, 39 orang perempuan,” ujar Leni, Rabu (13/1/2021).

Leni menjelaskan, tiga balita yang positif HIV/AIDS tahun ini akibat ketiga ibu kandung yang melahirkan balita tersebut sudah lebih dulu positif HIV/AIDS yang ditulari suaminya. “Saat tiga balita tersebut masih dalam kandungan, ibu mereka sudah dinyatakan positif HIV/AIDS,” terangnya.

Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) pada Dinkes Lebak Firman Rahmatullah mengatakan, sebanyak 83 ODHA tersebut hingga kini masih rutin dipantau. Bahkan untuk mengetahui kondisi kesehatannya secara rutin, para ODHA tersebut selalu didampingi petugas medis Dinkes Lebak untuk melakukan pengecekan kesehatan ke Klinik Seroja di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Adjidarmo.

“Klinik Seroja ini merupakan klinik yang didirikan pemerintah daerah untuk penanganan khusus kesehatan para ODHA di Lebak,” terang Firman.

Ketika ditanya apakah dari 83 ODHA tersebut ada yang meninggal dunia, menurut Firman, tidak ada. Namun beberapa di antaranya ada yang kondisinya semakin mengkhawatirkan, sehingga harus mendapatkan perhatian serius dari petugas medis.

“Bagi yang kondisinya sudah mengkhawatirkan, petugas medis lebih rutin merawatnya agar kondisinya bisa semakin membaik,” kata Firman. (hudaya)

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp