DaerahLebakWisata & Kuliner
Trending

Jalur Menuju Curug Cibatu Ngeunah, Perjalanan Asyik untuk Jiwa Petualang

Oleh : M Tohir (2-2)

Jalur menuju Curug Cibatu Ngeunah bisa menggunakan jalur bawah dan jalur atas. Kali ini kita mencoba dari jalur atas Curug. Trek jalur ini luar biasa menantang sehingga harus menggunakan tali agar memudahkan pengunjung bisa turun ke bawah.

Selama perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yang sangat luar biasa. Huma orang Baduy yang terhampar, bukit-bukit menjulang tinggi, serta gunakan batu karang yang tertata rapi di salah satu tempat.

Curug Cibatu Ngeunah
Curug Cibatu Ngeunah suguhkan pemandangan indah.

Bila ingin mendatangi curug ini, akan lebih baik bila meminta kepada warga lokal untuk menjadi penunjuk arah. Ini karena track menuju lokasi agak sulit ditemukan karena belum adanya penunjuk jelas tentang keberadaan curug ini. 

Jalur yang dilewati harus menyususuri sungai yang ada di hutan Baduy Dalam, maka pengunjung harus membungkus pakaian dan peralatan yang dibawa menggunakan plastik agar tidak basah.

Menyusuri sungai selama kurang lebih 10 menit dan setelah itu mulailah petualangan yang sangat menantang. Selama melintasi jalur ini maka pengunjung harus turun melewati batu-batu besar dengan tingkat kemiringan yang luar biasa. 

Penampakan Curug Cibatu Ngeunah.

Saat melintasi ini pengunjung harus tetap berhati-hati karena bebatuan yang dipijak sangat licin sehingga bila tidak hati-hati kita akan tergelincir dan bisa jatuh.

Mau tidak mau kita harus melewati itu karena ini merupakan satu-satunya jalur menuju lokasi yang akan dikunjungi. Satu per satu curug dengan bentuk yang berbeda berhasil dilewati sampai pada akhirnya sampai di curug yang paling cantik.

Jam menunjukan pukul 11.00 WIB perut sudah dirasa keroncongan lalu tanpa pikir panjang kita langsung membuka perbekalan yang kita bawa lalu memasak di tempat itu.

Air jernih yang mengalir di Curug Cibatu Ngeunah.

Sambil menunggu proses memasak selesai bolehlah kita menikmati suasana dengan foto atau mandi bersama dengan teman-teman. Bila membawa hamook enak juga bila tidur-tiduran di atasnya.

Curug Cibatu Ngeunah merupakan curug yang benar-benar indah yang berada di tengah hutan di kawasan Baduy Dalam. Jadi untuk para pencinta curug, Curug Cibatu Ngeunah layak untuk didatangi. (*)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp