DaerahLebak
Trending

Mudik Dilarang, Polres Lebak Sekat Daerah Perbatasan dengan Jawa Barat

LEBAK, BANTEN RAYA- Untuk mencegah adanya pemudik lebaran ke Kabupaten Lebak, Pemkab bersama Polres Lebak berencana untuk melakukan penyekatan di dua titik yang rawan dilalui pemudik. Kedua lokasi tersebut adalah Kecamatan Cilograng yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Sukabumi, serta Cipanas yang berbatasan dengan Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kepala Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Lebak, AKP Tiwi Afrina kepada Banten Raya mengatakan, rencana penyekatan untuk mencegah pemudik ke Lebak sedang dimatangkan bersama Pemkab Lebak. Namun demikian, pihaknya belum bisa memastikan kapan penyekatan dimulai. 

“Waktunya kami masih menunggu perintah dari Polda Banten. Namun kami sudah mempersiapkan dua lokasi yang akan dijadikan tempat untuk mencegah pemudik ke Lebak,” ujarnya, kemarin.

Ditambahkannya, selain mempersiapkan dua lokasi yang akan dijadikan posko utama untuk mencegah pemudik ke Lebak, Satlantas bersama sejumlah lembaga lain akan mendirikan 14 posko pelayanan. Itu maksudkan untuk memantau pemudik antar kecamatan di Lebak.

“Kalau mudik dari kecamatan satu ke kecamatan lain di Lebak diperbolehkan, tetapi tetap saja aktivitasnya harus tetap kami pantau,” kata AKP Tiwi.

Terpisah, Asisten Daerah (Asda) I Bidang Pemerintan Pemkab Lebak, Alkadri mengatakan, intruksi pemerintah pusat terkait larangan mudik pada Idul Fitri tahun ini harus ditindaklanjuti pemerintah daerah. 

Oleh karena itu, pihaknya bersama Polres, Kodim 0603 Lebak, serta gugus tugas penanganan covid-19 Kabupaten Lebak, telah memiliki dua pilihan lokasi yang akan disekat untuk mencegah pemudik menuju Lebak.

“Kondisinya belum memungkinkan, sehingga bila tetap diperbolehkan mudik, maka dampaknya khawatir terhadap peningkatan kasus covid-19. Oleh karena itu, menjelang Idul Fitri nanti kami akan melarang masyarakat dari luar yang akan mudik ke Lebak,” tegasnya. (hudaya/muhaemin)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp