DaerahLebak
Trending

Pedagang Daging Musiman di Lebak Mulai Marak Jelang Lebaran

LEBAK, BANTEN RAYA – Para pedagang sapi musiman di Kecamatan Kalanganyar dan Rangkasbitung mulai bermunculan sepekan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Para penjual hewan ternak itu mendatangkan sapi dari Lampung.

Salah seorang pedagang sapi musiman di Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar kepada Banten Raya menyatakan, sengaja mendatangkan sapi dari Lampung karena di wilayah Lebak sulit mendapatkan sapi. Sapi Lampung dibelinya dengan harga yang variatif tergantung bobot hewan. 

“Sapi di wilayah Lebak langka, makanya cari barangnya (sapi-red) pasti ke Lampung. Kalau harga sih lumayan mahal paling kecil Rp18 juta, sedang Rp20 juta, dan besar Rp22-Rp23 juta. Sapi ini kita stok dan akan disembelih mulai H-2 lebaran,” kata Aang, kemarin.

Rasman, penjual daging sapi di Kampung Cijoro, Kelurahan Muara Ciujung Timur, Kecamatan Rangkasbitung, mengatakakan sudah menyiapkan 20 ekor sapi Lampung. 

“Mudah-mudahan saja tahun ini mah sapi bisa terjual semua,” kata Rasman.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Lebak Rahmat mengatakan, akan melakukan pemeriksan hewan ternak yang disembelih para pedagang musiman tersebut. 

“Tim kesehatan hewan dari dinas kami, menjelang lebarang nanti, tidak hanya memeriksa hewan yang dise di rumah pemotongan hewan yang resmi. Tetapi akan memeriksa pula proses pemotongan hewan ternak di masing-masing pedagang musiman,” terangnya. (hudaya/muhaemin)

Related Articles

Back to top button