DaerahEkonomi & BisnisLebak
Trending

Penumpang Langka Gara-gara Larangan Mudik, Sopir Angkutan Perdesaan di Lebak Frustrasi

LEBAK, BANTEN RAYA – Sejumlah sopir angkutan perdesaan (angdes) di Terminal Aweh mengaku frustasi dengan sepinya penumpang. Hal itu merupakan imbas dari adanya larangan mudik lebaran oleh pemerintah mengingat pandemi Covid-19 masih terjadi.

Berdasarkan pantauan Banten Raya, sopir angdes di Terminal Aweh dengan berbagai jurusan seperti Bojongmanik, Cisimeut, Parigi, Ciboleger, serta Leuwidamar, terlihat hanya memarkirkan armadanya di Terminal Aweh yang lengang. Biasanya, sepekan menjelang lebaran, terminal itu ramai oleh pemudik dari berbagai kota besar. Saking sepinya, sejumlah angkot pun terpaksa masuk garasi.

BACA JUGA: Larangan Mudik Berlaku! Puluhan Kendaraan Menuju Pelabuhan Merak Dipaksa Putar Balik

Salah seorang sopir Angdes Bojongmanik-Terminal Aweh Herman mengatakan, tahun lalu di saat pandemi korona telah melanda Lebak, para pemudik masih banyak pemudik di Terminal Aweh. Sekarang, pemerintah melarang masyarakat kembali mudik dan membuat penumpang sepi.

 “Dari pagi saya mangkal di Terminal Aweh, penumpang sangat sepi. Meskipun ada paling satu atau dua penumpang itupun warga lokal,” ujar Herman.

Sementara itu, sopir angdes jurusan Parigi-Terminal Aweh Ujang mengatakan, pelarangan mudik membuat sopir tidak dapat pemasukan. 

“Sepertinya kondisi sepi penumpang, akan terus terjadi hingga satu hari menjelang lebaran. Bila kejadiannya seperti ini, maka keluarga saya mau makan apa,”kata Ujang.

BACA JUGA : Mudik Lokal di Banten Diperbolehkan, Tapi……

Terpisah, Kepala Bidang Terminal dan Parkir pada Dinas Perhubungan (Dishub) Lebak Dudi Mulyadi mengatakan, larangan mudik merupakan kebijakan pemerintah pusat yang harus ditaati. Oleh karena itu, bagi para sopir angdes yang mengaku merugi akibat tidak adanya pemudik, masih bisa mengandalkan penumpang lokal yang pastinya banyak beraktivitas menuiju ke Pasar Rangkasbitung.

“Saya rasa para sopir angdes jangan dulu patah semangat. Meski tidak ada pemudik, saya pastikan masih ada penumpang lokal yang membutuhkan jasa angdes,” tuturnya. (hudaya/muhaemin)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp