Hukum & KriminalLebak
Trending

Puluhan Kali Beraksi, Pencuri Motor Kawakan Ini Akhirnya Ditangkap Korbannya

SERANG, BANTEN RAYA- Kepergok mencuri motor, UK (18) warga Kampung Cikesal, Desa Sobang, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak ditangkap warga saat berusaha mencongkel motor Honda Sonic berplat nomor A 2961 MT di parkiran Alfamart Jalan Raya Ciruas-Petir, Kampung Tegal Kembang, Kelurahan Pipitan Kecamatan Walantaka Kota Serang.

Kapolsek Walantaka AKP Sudibyo mengatakan, kasus pencurian sepeda motor itu bermula saat Muhammad Ryan Irsad, warga Kampung Kadu Ranggem, Desa Kadubale, Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang hendak belanja di Alfamart, Selasa (9/2) lalu. “Motor korban sedang diparkir di depan Alfamart, kejadiannya malam hari,” katanya kepada Banten Raya, Selasa (23/2).

Menurut Sudibyo, ketika korban sudah berada di dalam minimarket, pelaku yang bermodalkan kunci letter T, langsung mencongkel motor korban. Beruntung, pemilik motor mengetahui kejadian tersebut.

“Ketika motor menyala, korban melihat motornya hendak dibawa oleh pelaku. Kemudian korban berteriak minta tolong ke warga dan pelaku kemudian ditangkap, sedangkan temannya melarikan diri,” ujarnya.

Sudibyo menjelaskan, pihaknya kemudian membawa pelaku ke Mapolsek untuk dilakukan pemeriksaan dan pengembangan. Dalam pemeriksaan pelaku sudah beberapa kali melakukan pencurian sepeda motor.

“Selain motor korban, kami langsung melakukan pengembangan ke wilayah Lebak. Di sana kita berhasil mengamankan dua unit motor hasil kejahatan yang telah dijual ke warga,” ujarnya.

Sudibyo menjelaskan, modus operandi kelompok Lebak ini yaitu, dengan cara mengintai di tempat-tempat seperti pertokoan, penitipan motor atau rumah kontrakan. “Kita masih melakukan pengembangan dan mengejar pelaku lainnya yang identitasnya sudah kita ketahui,” jelasnya.

Sudibyo menegaskan, pelaku UK akan dijerat dengan pasal 363 KUHP pidana tentang pencurian dan pemberatan. Dalam kasus ini, pelaku terancaman 7 tahun kurungan penjara. “Kami tidak akan segan, menindak pelaku kejahatan karena selama ini telah meresahkan masyarakat,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Sudibyo meminta masyarakat agar lebih berhati-hati memarkirkan kendaraannya ketika berada di tempat keramaian. Gunakan kunci ganda, agar pelaku kejahatan kesulitan menjalankan aksinya.

“Sebaiknya kendaraan diberi kunci ganda atau stop kontak rahasia, sebaiknya bisa langsung di masukkan kedalam garasi atau ruangan rumah, supaya bisa menekan angka kehilangan kendaraan bermotor dan dapat menghindari tindak kejahatan,” pintanya. (darjat/rahmat)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp