DaerahHukum & KriminalLebak
Trending

Ratusan Hektare Lahan Milik Tersangka Kasus PT Asabri di Lebak Disita Kejagung

LEBAK, BANTEN RAYA- Ratusan hektare lahan milik Benny Tjokrosaputro, Direktur Utama PT Hanson Internasional Tbk, tersangka kasus korupsi PT Asabri di sejumlah kecamatan di Kabupaten Lebak disita Kejakasaan Agung (Kejagung). Kini, aset-aset tersebut telah dipasangi plang penyitaan. 

Informasi yang dihimpun, aset tanah tersebut tersebar di enam kecamatan yaitu Curugbitung, Maja, Sajira, Rangkasbitung, Kalanganyar dan Cibadak.

Salah seorang warga Kecamatan Maja, Sahroni kepada Banten Raya mengatakan, bila dirinya melihat ada plang penyitaan tanah di Maja. Bahkan, karena wilayah Curugbitung dan Sajira dekat dengan Maja, Ia juga pernah melihat plang yang sama terpasang di sana.

“Kalau kabar dari warga yang saya terima, tanah di tiga kecamatan tersebut, totalnya 90 hektare. Belum di beberapa kecamatan lain, mungkin totalnya sampai ratusan hektare,” ujarnya, kemarin.

Salah seorang warga Rangkasbitung yang mengaku, pernah menjual tanah di Kecamatan Kalanganyar ke warga Jakarta, kini turut disita dan pasangi plang penyitaan oleh Kejagung, belum lama ini.

“Saya tidak tahu menahu penyebab penyitaannya, namun yang pasti, sekarang sudah dipasangi plang penyitaannya. Bahkan plangnya itupun ada logo Kejaksaan Agungnya,” kata Ujang.

Terpisah, Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Rangkasbitung, Bayu Wibiyanto yang dikonfirmasi terkait penyitaan lahan tersebut, mengaku tidak berhak untuk memberikan pernyataannya.

“Silakan wawancara langsung ke Kajaksaan Agung, karena kasus yang melibatkan Benny Tjokosaputro, ditanganinya oleh Kejaksaan Agung,” kata Bayu.

Seperti diketahui, sejauh ini Kejagung telah menetapkan 9 tersangka dalam penyidikan kasus dugaan korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi oleh PT Asuransi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri).

Sembilan tersangka tersebut adalah Dirut PT Asabri periode tahun 2011 – Maret 2016 (Purn) Mayjen Adam Rachmat Damiri, Dirut PT Asabri periode Maret 2016 – Juli 2020 (Purn) Letjen Sonny Widjaja, Direktur Keuangan PT Asabri periode Oktober 2008-Juni 2014 Bachtiar Effendi. Direktur PT Asabri periode 2013 – 2014 dan 2015 – 2019 Hari Setiono, Kepala Divisi Investasi PT Asabri Juli 2012 – Januari 2017 Ilham W Siregar, Dirut PT Prima Jaringan Lukman Purnomosidi dan Direktur PT Jakarta Emiten Investor Relation Jimmy Sutopo.

Kemudian Dirut PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro dan Komisaris PT Trada Alam Minera Heru Hidayat. Baik Benny maupun Heru merupakan tersangka dalam kasus korupsi di PT Asuransi Jiwasraya.

Kasus ini diduga merugikan keuangan negara sebesar Rp23,73 triliun. Kerugian negara di kasus ini jauh lebih besar dari kasus Jiwasraya. (hudaya)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp