DaerahLebak
Trending

Rawan Kena Bencana, Ratusan KK di Kecamatan Cipanas dan Lebakgedong Akan Direlokasi

LEBAK, BANTEN RAYA – Ratusan Kepala Keluarga (KK) dari dua Kecamatan yakni Cipanas dan Lebakgedong, akan direlokasi Pemkab Lebak. Hal itu dilakukan karena lokasi yang saat ini ditempati warga adalah wilayah rawan bencana alam. Sebelumnya, ratusan warga di sana menjadi korban bencana banjir dan longsor yang menerjang dua wilayah ini.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak Febby Rizky Pratama kepada Banten Raya mengatakan, warga Kecamatan Cipanas yang akan direlokasi sebanyak 94 kepala keluarga (KK) dan berasal dari Desa Haurgajrug, Luhurjaya, Bintangsari, dan Desa Cipanas. 

Katanya, lahan untuk relokasi merupakan lahan milik masyarakat yang akan dibeli oleh pemkab. Untuk memastikan luas lahan cukup, pemkab akan melakukan pengukuran ulang bersama pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Lebak.

“Sebelum melakukan pengukuran ulang, kamipun telah memintai surat pernyataan dari warga yang akan direlokasi. Isi surat pernyataan tersebut, yaitu bersedia direlokasi ketempat yang baru,”ujar Febby, kemarin.

Kata Febby, puluhan KK tersebut adalah warga yang pernah terdampak bencana banjir bandang Sungai Ciberang pada januari 2020. Selain itu karena sebagian besar kediaman mereka berada di bibir sungai sehingga beresiko terkena bencana alam banjir bandang kembali. “Dari pada mereka jadi korban bencana alam yang mungkin bisa terjadi lagi, lebih baik direlokasi ketempat yang lebih aman,” kata Febby.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Lebak, Agust Riza Faizal mengatakan, selain di Kecamatan Cipanas, ada 219 KK warga Kampung Cigobang, Desa Banjarsari, Kecamatan Lebakgedong yang akan direlokasi. Untuk di Lebakgedong, lahan guna relokasi sudah ada namun masih diteliti oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Banten. 

“Pembiayaan pembangunan rumah ditempat yang baru akan dibantu oleh pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB),” terang Agust. (hudaya/muhaemin)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp