DaerahLebakWisata & Kuliner
Trending

Situ Palayangan Batal Jadi Wisata Pemancingan

LEBAK, BANTEN RAYA – Rencana menjadikan Situ Palayangan di Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak sebagai wisata pemancingan batal. Awalnya rencana ini digagas oleh Wakil Ketua DPRD Lebak, Nana Sumarna. Sebelumnya proses pengerukan situ ditangani pihak Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian (BBWSC3) Banten medio 2020.

“Akibat Situ Palayangan kembali mengalami pendangkalan, maka rencana untuk menjadikan Situ Palayangan sebagai wisata pemancingan, akhirnya tidak bisa kami lanjutkan,” ujar Nana, kemarin.

Ditegaskannya, bahwa di 2020 pihak Kecamatan Cimarga serta sejumlah kepala desa di kecamatan setempat sangat mendukung rencana yang digagasnya. Bahkan, apabila kondisi Situ Palayangan tidak mengalami pendangkalan maka sejak Februari 2021, proses untuk menjadikan Situ Palayangan jadi obyek wisata pemancingan sudah mulai dilakukan pihaknya.

“Situ Palayangan tersebut sama sekali tidak akan menggunakan APBD, tetapi melalui iuran para donatur di Cimarga. Namun, karena kondisi situ tersebut dangkal kembali, maka percuma bira rencanannya dilanjutkan,” katanya.

Camat Cimarga Zakaria membenarkan, bila Situ Palayangan direncanakan akan diijadikan wisata pemancingan oleh sejumlah tokoh masyarakat setempat. Bahkan, Wakil Ketua DPRD Lebak Nana Sumarna kata camat sebagai pihak penggagas, sangat menginginkan apabila situ tersebut, menjadi tempat hiburan masyarakat Cimarga.

“Karena kondisi situnya dangkal lagi, maka rencana tersebutpun tidak bisa dilanjutkan. Namun, bila ke depan, pendangangkalannya ditangani lagi, bisa saja rencana ini, dilanjutkan lagi,” kata Zakaria.

Kurniawan, warga sekitar Situ Palayangan mengaku kecewa Situ Palayangan kembali mengalami pendangkalan. Padahal bila kondisinya normal, maka Situ Palayangan akan menjadi salah satu obyek wisata pemancingan.

“Saya sudah dengar, bila rencana Situ Palayangan yang akan dijadikan obyek wisata pemancingan, dibatalkan. Jujur saya kecewa, akibat Situ Palayangan yang dangkal, akhirnya rencana tersebut dibatalkan,”kata Kurniawan. (hudaya/muhaemin)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp