DaerahLebak
Trending

Situ Palayangan Kembali Alami Pendangkalan, DPRD dan DLH Lebak Desak Pemprov Banten Turun Tangan

LEBAK, BANTEN RAYA – DPRD Kabupaten Lebak menyoroti kondisi Situ Palayangan di Kecamatan Cimarga. Sebab, situ tersebut kini mengalami pendangkalan akibat aktivitas penambangan pasir.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lebak Nana Sumarna mendesak, agar Pemprov Banten sebagai pihak yang mengeluarkan perizinan untuk menindak tegas para pelaku pertambangan pasir yang membuang limbahnya ke aliran Situ Palayangan. 

Ia mengungkapkan, selain DPRD Lebak, pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lebak juga mengaku kewalahan mencegah pembuangan limbah. Pasalnya, titik pembuangan limbah yang berada di bagian hulu Situ Palayangan. Oleh karenannya, ia mendesak agar segera ikut turun tangan.

“Penyebab Situ Palayangan kembali dangkal. Itu dikarenakan beberapa lokasi penambangan pasir yang berlokasi di bagian hulunya, kerap membuangnya ke aliran sungai yang mengalir ke Situ Palayangan. Meski telah dilakukan pengerukan, maka tidak heran bila Situ Palayangan dangkal lagi,” ujarnya.

Ditambahkannya, selain berdampak terhadap pendangkalan Situ Palayangan, limbah yang dibuang juga mengakibatkan areal pertanian milik warga di sekitar Situ Palayangan turut ditutupi lumpur limbah pasir. 

“Masalahnya, ini sebenarnya sudah ditangani pihak Komisi IV DPRD Lebak. Akan tetapi, sebelum penanganan selesai, limbah dari lokasi pertambangan pasir masih tetap dibuang ke sungai yang mengalir ke Situ Palayangan,” katanya.

Terpisah, Kepala DLH Kabupaten Lebak Nana Sunjana mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perkebunan dan Pertanian Lebak, Kecamatan Cimarga, dan beberapa pihak lain. Ia mengupayakan, agar Situ Palayangan direhabilitasi.

“Jujur kami, kewalahan untuk mencegah pendangkalan Situ Palayangan. Maka dari itu, kami harapkan pihak terkait di Pemprov Banten, segera turun tangan. Itu karena perizinan pertambangan pasir inikan dikeluarkan pihak Pemprov Banten,” kata Nana. (hudaya)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp