DaerahLebak
Trending

Sudah Ditertibkan, Penambang Pasir Liar Sungai Ciujung Muncul Kembali

LEBAK, BANTEN RAYA – Aktivitas penambangan pasir di Sungai Ciujung di Kampung Salahaur, Kelurahan Cijoro Lebak, Kecamatan Rangkasbitung, Lebak kembali terlihat. Padahal, kegiatan tersebut telah ditertibkan dan dilarang oleh Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Berdasarkan pantauan Banten Raya Minggu (14/2/2021), bantaran Sungai Ciujung di Salahaur yang sebelumnya telah sepi dari aktivitas penambangan pasir, kini aktif kembali. 

Bahkan, beberapa penambang menggunakan perahu kayu kembali terlihat kembali melakukan pengerukan pasir di aliran sungai tersebut. Kondisi itu dikhawatirkan warga sekitar. Sebab, mereka menilai jika kegiatan itu terus dilakukan maka bantaran Sungai Ciujung di sekitar jembatan di Salahur akan terjadi abrasi. Terlebih, aktivitas itu juga berpotensi mengganggu kondisi pondasi jembatan.

Salah seorang warga Kampung Salahaur Eka meminta, aktivitas penambang pasir liar di bantaran Sungai Ciujung kembali ditertibkan. Bahkan, agar tidak ada yang berani lagi mengeruk pasir di sungai tersebut, diharapkan ada petugas Satpol PP yang berpatroli setiap harinya di sekitar lokasi tambang.

“Meski sudah pernah ditutup paksa oleh Satpol PP, kini aktivitas penambang pasir liar aktif lagi di Sungai Ciujung. Makanya agar kapok, saya minta Satpol PP menertibkannya lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Penegakan Peraturan Daerah pada Dinas Satpol PP Kabupaten Lebak Wahyudin mengaku, akan segera menerjunkan anggotanya untuk menertibkan aktivitas penambangan pasir liar di Sungai Ciujung.

“Besok (Senin-red), anggota saya akan langsung menindaknya,” tegasnya. (hudaya)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp