DaerahLebak

Warga Pasir Gombong Temukan Potongan Kaki Manusia

LEBAK, BANTEN RAYA – Potongan kaki sebelah kanan, yang diduga milik salah seorang dari dua korban tanah longsor di Blok Gunung Cikatumiri, Desa Citorek Girang, Kecamatan Cibeber ditemukan warga di sekitar aliran sungai PLTA Cimadur di Kampung Pasir Gombong, Kecamatan Bayah, Kamis (17/12/2020). Kini, potongan tubuh tersebut dilarikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Adjidarmo Rangkasbitung.  

Seperti diketahui, enam warga yang diduga penambang emas liar terseret tanah longsor di Gunung Cikatumiri, Cibeber. Dari enam korban, empat ditemukan tewas, serta dua lainnya masih dalam pencarian pihak kepolisian. Ke empat korban tewas yang telah ditemukan adalah Yanto (36), Hana (38), Astura (50), serta Oyang (45). Sedangkan dua korban lain yang belum ditemukan, yaitu Rudi, serta Mahmudin. Meski belum diketemukan, namun dua potongan organ tubuh, berupa kaki serta bagian punggung Mahmudin, telah diketemukan beberapa hari setelah kejadian.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, warga yang pertama kali menemukan potongan kaki tersebut adalah Diki (40) warga Pasir Gombong. Pada saat itu, Diki akan menuju ke lahan pertaniannya. Saat berada diperjalanan, tepatnya di sekitar PLTA Cimadur, dirinya mencium aroma tidak sedap disekitar tempat dia berjalan.

“Karena didorong rasa penasaran maka Diki berusaha mencari sumber bau busuk tersebut. Saat dirinya tahu, bahwa sumber bau busuk tersebut berasal dari potongan kaki manusia, maka pada saat itu pula dirinya langsung bergegas kepemukiman pendudukan untuk memberitahu warga,” ujar Sumarna salah seorang warga Pasir Gombong kepada Banten Raya, kemarin.

Ia menuturkan, mengingat warga tidak berani untuk mengambil langkah untuk mengevakusasi potongan kaki tersebut, maka penemuan itupun langsung dilaporkan ke Polsek Bayah. 

“Karena kejadian longsornya masuk ke wilayah hukum Polsek Cibeber maka penemuan potongan kaki tersebut, langsung diinformasikan pihak Polsek Bayah ke pihak Polsek Cibeber,” terang Sumarna.

Aipda Edi Supriadi, Petugas Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polsek Cibeber membenarkan, adanya penemuan potongan kaki di sekitar PLTA Cimadur, Kecamatan Bayah. Untuk memperjelas apakah potongan kaki tersebut bagian dari organ tubuh Rudi atau organ tubuh Mahmudin, maka pihaknya menyerahkan potongan kaki tersebut ke pihak RSUD Dr Adjidarmo untuk kepentingan identifikasi.

“Penemuannya kemarin (Kamis-red), setelah potongan kaki tersebut dievakuasi di sekitar PLTA, maka oleh kami langsung dibawa ke RSUD Adjidarmo,” terang Aipda Edi.(hudaya)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp