DaerahKesehatanLebak
Trending

Wilayah Suku Adat Baduy Masih Nol Kasus Covid-19

LEBAK, BANTEN RAYA- Warga Suku Adat Baduy, khususnya di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak hingga saat ini tak ada satu pun yang terpapar Covid-19. Terjaganya kesehatan warga Baduy ini dikarenakan mereka selalu menaati anjuran pemerintah dan menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat.

Kepala Desa Kanekes Jaro Saija membenarkan, bahwa hingga kini tidak ada satu pun warganya yang terkonfirmasi positif virus korona. Bahkan, ada beberapa warganya yang yang sempat demam lalu diswab dan hasilnya negatif.

“Kami selalu menjunjung tinggi imbauan pemerintah yang berkaitan untuk mencegah penularan virus korona. Selan itu, pola hidup bersih dan budaya mengonsumi ramuan rempah atau dedaunan selalu dilakukan warga Baduy, sehingga kami aman dari Covid-19,” ujar Jaro Saija, kemarin.

BACA JUGA: Punya Obat Ramuan, Banyak Warga Baduy Tolak Disuntik Vaksin

Kepala Bagian Tata Usaha Puskemas Cisimeut Dede Hardiansyah mengungkapkan, hingga kini pihaknya belum menemukan kasus warga Baduy terkonfirmasi Covid-19. Namun selama pandemi korona ini, ada saja warga Baduy yang berobat ke Puskesmas Cisimeut, beberapa di antaranya diswab dan hasilnya negatif.

“Beberapa hari lalu ada warga Baduy yang demam. Kami lakukan swab tapi hasilnya negatif,” terang Dede.

Ditambahkannya, selama pandemi korona melanda, aktivitas masyarakat Baduy yang sebelumnya sering keluar masuk Lebak, kini mulai berkurang. Bahkan warga Baduy yang sebelumnya rutin menjual madu dan hasil alam ke luar daerah, sekarang berhenti karena madu dijual menggunakan sistem daring dengan tujuan untuk mencegah agar mereka tidak tertular Covid-19.

Saksikan Podcast Meja Redaksi di Banten Raya Channel

“Banyak hal yang kini dilakukan warga Baduy, sehingga mereka tetap aman dari virus korona. Kami juga terus memantau dan berusaha memproteksi warga Baduy selama pandemi terjadi,” terang Dede. (hudaya/muhaemin)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp