DaerahKesehatan
Trending

Mulai Divaksin Pekan Depan, Nakes Masih Ragu-ragu

SERANG, BANTEN RAYA – Vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Banten dengan sasaran utama tenaga kesehatan (nakes) akan mulai dilalukan pada 14 Januari mendatang. Meski demikian, nakes masih merasa ragu terhadap vaksin tersebut.

Seperti diketahui, pelaksanaan vaksinasi di Banten dipercepat dari jadwal sebelumnya. Adapun rencana awalnya akan dilaksanakan pada 25 Januari. Banten pun telah menerima 14.560 vial vaksin jenis Sinovac pada Minggu (3/1/2021).

Sekitar 40.000 dari 41.000 nakes telah mengisi data riwayat kesehatan sebagai pengajuan penerima vaksin. Dari yang sudah mendaftar, 4.000 diantaranya kemungkinan tak bakal divaksin lantaran memiliki penyakit penyerta atau komorbid mulai dari jantung, darah tinggi hingga gagal ginjal.

“Ragu-ragu, takut Ini mah jadi kelinci percobaan. Harusnya mah jangan nakes dulu. Nanti kalau nakes ada apa-apa siapa yang mau jadi garda terdepan,” ujar salah seorang nakes di salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Serang yang enggan disebutkan namanya saat dihubungi wartawan, Rabu (6/1/2021).

Keraguannya makin menjadi lantaran hingga kini dia mengaku belum mendapat sosialisasi pelaksanaan vaksinasi dari pemerintah daerah. Disinggung soal keamanan vaksin yang telah melalui tiga tahapan uji klinis, wanita itu juga belum mengetahuinya secara pasti.

“Belum (terima sosialisasi vaksinasi). Nah kalau itu (keamanan vaksin dari 3 uji klinis-red) belum tahu juga,” katanya. 

Meski masih ragu akan tetapi namanya tetap didaftarkan sebagai nakes yang akan menerima vaksin mulai 14 Januari. “Yang jadi Tim Penanganan Covid-19 sudah otomatis didaftarkan,” ungkapnya. 

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan, di Banten tidak ada nakes yang menolak untuk divaksin. Bahkan 90 persen nakes di provinsi paling barat di Pulau Jawa itu telah mendaftarkan diri sebagai penerima vaksin.

“Tidak ada yang menolak, malah datanya sudah masuk hampir 90 persen di data base sistem kita. Mereka memamg mendaftarkan diri untuk divaksin,” tuturnya usai meninjau vaksin di Gudang Farmasi Banten, Kota Serang, Senin (4/1/2021). (dewa)

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp