DaerahKesehatanPemprov Banten
Trending

Mutasi Covid-19 Strain Baru dari India Sudah Masuk ke Banten

SERANG, BANTEN RAYA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten menemukan adanya mutasi Covid-19 varian baru B1617 dari India sudah masuk Banten. 

Kepala Dinkes Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan, info dari Posko Kejadian Luar Biasa (KLB) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) per 1 Mei 2021 ada kasus positif strain baru. 

“B1617 strain India dua kasus. Beralamat Perum Pondok Jagung RT 005/004 Kelurahan Pondok Jagung, Kecamatan, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan. Dirawat di RS Hermina Tangerang Selatan” ujarnya. 

Mantan Direktur Utama RSUD Kota Tangerang itu menuturkan, selanjutnya ditemukan B117 strain Inggris atau United Kingdom (UK) sebanyak 1 kasus. Beralamat di Kampung Klutuk RT 02/01, Desa Klutuk, Kecamatan Mekar Baru, Kabupaten Tangerang. 

“(Pasien kini) isolasi khusus dan dipantau puskesmas karena bergejala ringan,” katanya. 

BACA JUGA: Waduh! Jalan-jalan ke Bogor, 108 Warga di Satu RW di Kabupaten Tangerang Positif Covid-19

Berdasarkan hasil penelusuran, pasien B1617 strain India tertular dari anaknya yang tinggal di Jakarta. Sementara pasien B117 strain UK memiliki riwayat berpergian dari Arab Saudi.

“Tindakan sudah dilakukan follow tracing pada kontak erat untuk dua strain tersebut. Itu untuk memastikan penularan lebih lanjut dengan pengambilan sampel kontak,” tuturnya. (dewa)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp