DaerahKesehatan
Trending

Ombudsman Banten Minta Wartawan Dapat Prioritas Vaksin Covid-19

SERANG, BANTEN RAYA – Ombudsman RI Perwakilan Banten meminta agar para wartawan mendapat prioritas pemberian vaksin Covid-19. Sebab, awak media dinilai memiliki peran strategis dalam mengedukasi masyarakat secara luas.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Banten Dedy Irsan mengatakan, pihaknya mendukung penuh upaya yang dilakukan oleh Pemprov Banten dalam penanggulangan Covid-19. Salah satunya adalah vaksinasi yang saat ini sedang dalam proses pelaksanaan.

“Salah satu upaya tersebut adalah vaksinasi yang bertujuan untuk menciptakan kekebalan komunitas atau herd immunity. Vaksinasi juga diharapkan dapat mengurangi penularan Covid-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat virus korona,” ujarnya, Kamis (18/2/2021).

Ia menuturkan, terkait pelaksana vaksinasi Ombudsman Banten meminta para awak media mendapat prioritas vaksinasi, khususnya di Provinsi Banten. Menurutnya, hal itu perlu dilakukan karena wartawan memiliki peran yang strategis untuk melakukan edukasi dan publikasi kepada masyarakat luas terkait Covid-19.

Lebih lanjut dipaparkan Dedy, wartawan juga turut menyosialisasikan segala sesuatu yang terkait dengan bahaya, dampak dan upaya penanggulangan. Kemudian yang terpenting, dalan menjalankan profesi jurnalistiknya di tempat umum, mereka sangat rentan terpapar Covid-19.

“Sehingga penting menjadi prioritas vaksinasi di Provinsi Banten ini bagi wartawan. Harapannya Gubernur Banten menjadi pionir dalam memberikan vaksinasi kepada wartawan di Banten. Jumlahnya juga relatif tidak terlalu banyak tanpa mengabaikan pihak lainnya yang telah ditetapkan menjadi prioritas vaksinasi,” katanya.

Dedy mengapresiasi, gerakan pemerintah yang terus melakukan upaya penanggulangan pandemi Covid-19. Kemudian juga senantiasa menjaga agar pelayanan publik dapat terus berjalan dengan baik.

“Tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan cara memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Lalu upaya lainnya yang relevan untuk menghindari dari Covid-19, baik tertular maupun menularkan,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan, saat ini pihaknya sedang bersiap melaksanakan vaksinasi tahap II yang direncanakan digelar pada Maret. Berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), wartawan adalah salah satu sasarannya.

“Tahap selanjutnya untuk petugas pelayanan publik termasuk wartawan sesuai instruksi presiden,” tuturnya. (dewa)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp