Hukum & KriminalPandeglang
Trending

16 Warga Dugaan Aliran Sesat Hakekok Diamankan

PANDEGLANG, BANTEN RAYA – Sebanyak 16 orang warga Kecamatan Cigeulis diamankan Satreskrim Polres Pandeglang, Kamis (11/3/21).

Mereka diamankan setelah diduga melakukan ritual aliran sesat Hakekok Balakasuta di Kecamatan Cigeulis. Wakapolres Pandeglang Kompol Riki Crisma Wardana mengatakan, pihaknya masih mendalami kasus dugaan aliran baru tersebut.

“Kegiatan yang kita amankan sementara masih dalam penyelidikan. Mereka diamankan berdasarkan laporan masyarakat,” kata Riki. Pihaknya belum bisa memastikan mereka melakukan aliran sesat atau tidak. Saat ini jajarannya masih melakukan koordinasi dengan pihak yang berwenang.

“Masih kita dalami, dan kita akan berkoordinasi dengan MUI (Majlis Ulama Indonesia) dan Kejaksaan Negeri Pandeglang, apakah aliran ini aliran sesat atau bukan,” tegasnya.

Dijelaskannya, berdasarkan laporan masyarakat bahwa mereka melakukan ritual yang dinilai tabu. Menerima laporan tersebut, jajarannya langsung mengamankan mereka. “Untuk sementara ini 16 orang sudah diamankan dan diperiksa,” jelasnya.

Demi melerai gejolak di tengah masyarakat, Polres Pandeglang mengimbau masyarakat agar tetap menjaga kondusifitas. “Kita sudah berkoordinasi dengan Polsek terdekat untuk mengantisipasi gejolak di tengah masyarakat, khususnya masyarakat Kecamatan Cigeulis,” ujarnya.

Kapolsek Cigeulis, IPTU Paulus Bayu Triatmaka menuturkan, awalnya menerima laporan dari warga soal adanya sekelompok orang yang melakukan praktik ritual mandi di tempat yang tidak biasa digunakan. “Benar kami mengamankan warga yang melakukan ritual, itu kami amankan karena khawatir terjadi amukan dari warga sekitar,” kata Kapolsek. (yanadi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp