DaerahPandeglang
Trending

55 Balon Kades Perempuan Siap Bersaing di Pilkades Serentak Pandeglang

PANDEGLANG, BANTEN RAYA – Animo kaum perempuan menjadi kepala desa di Pandeglang cukup tinggi. Buktinya, ada 55 bakal calon (balon) kades perempuan yang tercatat memasukan berkas pendaftaran ke panitia Pilkades di beberapa desa. Namun demikian, nasib para balon baik perempuan maupun laki-laki masih akan ditentukan dalam tes tertulis dan wawancara yang akan dilaksanakan panitia.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Pandeglang Asep Setia Permana membenarkan, jika ada 55 balon kades perempuan yang mencalonkan diri.

“Kalau sesuai data, balon kades perempuan yang telah resmi mendaftar dan mengajukan keterangan ada 55 orang. Jumlah ini cukup banyak menandakan animo kaum perempuan ikut Pilkades tinggi,” kata Asep, Minggu (20/6/2021).

Asep menyebutkan, persyaratan para balon kades perempuan akan dilakukan verifikasi ulang oleh panitia bersamaan dengan seluruh balon lainnya. Total ada 790 balon kades yang mendaftar pada pilkades serentak.

BACA JUGA: Aktivis Sebut Perbup Pilkades Serentak Pandeglang Tak Menjamin Kepastian Hukum

“Semua berkas persyaratan balon kades akan diverifikasi oleh panitia tingkat desa dan kecamatan pada 22-25 Juni 2021,” ucapnya.

Sementara itu, Desi Susrianti, balon kades perempuan warga Kampung Cikalong RT 002 RW 001, Desa Cikalong, Kecamatan Cibitung mengaku mendapatkan dorongan dari masyarakat untuk memajukan desa.

“Alhamdulillah saya sudah daftar kades. Niat saya nyalon ingin memajukan desa kelahiran demi kepentingan rakyat Desa Cikalong. Saatnya wanita yang memimpin,” katanya.

“Dengan niat yang baik, memiliki visi misi untuk kesejahteraan dan kebahagiaan rakyat Desa Cikalong, saya optimis menang. Apalagi selama ini Desa Cikalong dipimpin laki-laki saja saatnya tahun ini wanita yang memimpin,” ujarnya.

Saksikan Kegiatan Reses Anggota DPRD Provinsi Banten di Banen Raya Channel

 

Balon kades perempuan lainnya yakni Iin Endah Kumala yang akan maju di Pilkades Banyumas Kecamatan Bojong mengatakan, perempuan dan laki-laki punya hak dan peran yang sama dalam membangun desa. Selain itu kata Iin ada banyak kesuksesaan kaum perempuan saat memimpin daerah atau desa.

“Saya terinspirasi dengan perempuan yang menjadi teladan saat menduduki jabatan publik dan kepala desa. Lebih dari itu Alhamdulillah saya juga mendapat dukungan dari masyarakat desa untuk berbuat yang lebih berarti bagi kemajuan Desa Banyumas,” kata perempuan yang dikenal sebagai pendidik ini.
(yanadi/muhaemin)

 

Related Articles

Back to top button