DaerahPandeglang
Trending

Antisipasi Alih Fungsi, Pemkab Pandeglang Minta Pengembang Serahkan Fasos Fasum Perumahan

PANDEGLANG, BANTEN RAYA – Pemkab Pandeglang tengah melakukan pendataan terhadap aset fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) yang berada di kawasan perumahan. Pendataan lahan dilakukan dalam rangka mencegah fasilitas perumahan itu dialihfungsikan.

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, jika pendataan aset fasos fasum perumahan sedang berjalan. Dia mengingatkan para pengembang untuk menyerahkan aset fasos fasum kepada pemerintah daerah.

BACA JUGA: Pemkot Serang Targetkan Penyerahan PSU Rampung Seluruhnya di 2023

“Sedang kami data. Setiap pengembang yang membangun perumahan, fasos fasum yang ada akan menjadi milik pemda. Jangan sampai aset fasos fasum ini digunakan kembali untuk membangun perumahan, dan harus kita antisipasi,” kata Irna, Senin (21/6/2021).

Mantan anggota DPR RI itu menjelaskan, pendataan aset fasos fasum untuk menjamin pemeliharaan dan pengelolaan sarana prasarana pada kawasan perumahan.

“Jadi kalau sudah diserahkan ke pemda, semua fasos fasum akan menjadi tanggung jawab pemda dalam hal perawatan. Seperti ruang terbuka hijau, mushala, taman bermain, sarana olahraga dan jalan lingkungan,” ujarnya.

Saksikan Podcast Meja Redaksi di Banten Raya Channel

Irna mengingatkan, para pengembang perumahan untuk menyerahkan fasos fasum. “Dia (pengembang) harus menyediakan fasos fasum dan segera menyerahkan aset-aset yang ada ke pemda,” tegasnya. (yanadi)

Related Articles

Back to top button