Pandeglang
Trending

Auto 2000 Pandeglang Buka Layanan Cek Emisi Gratis

PANDEGLANG, BANTEN RAYA – Kabar gembira bagi pemilik mobil Toyota. Pasalnya, dealer resmi Toyota Auto2000 Pandeglang saat ini membuka layanan pengecekan emisi gas buang kendaaraan gratis 100 persen.

Layanan ini diberikan kepada pemilik Toyota sebagai wujud nyata deler Toyota mendukung program pemerintah mengurangi polusi udara.

Kepala Cabang Auto2000 Pandeglang Rizal Hartanto mengatakan, polusi udara menjadi persoalan global dan Indonesia pun merasakan dampak buruk polusi. Menurutnya pemerintah di beberapa provinsi misalnya DKI Jakarta sangat memerhatikan emisi kendaraan.

“Uji emisi sudah lumrah di kota-kota besar dan kami mendukung program ini di wilayah Pandeglang. Bagi yang punya kendaraan Toyota silakan datang ke deler kami untuk dicek emisi secara cuma-Cuma,” kata Rizal ditemui di Deler Toyota2000 Pandeglang di Jl. Raya Labuan – Pandeglang Nomor 11, Desa Palurahan, Kecamatan Kaduhejo, Selasa (8/2/2021).

Sevice Head Auto2000 Pandeglang Abdul Rahman menyatakan, cek emisi ini bisa dilakukan pada jam buka bengkel yakni Senin-Sabtu pukul 08.00-16.00.

“Kami juga membuka konsultasi gratis seputar emisi dan persoalan kendaraan yang dikeluhkan pemilik. Diharapkan program ini dimanfaatkan oleh pemilik Toyota untuk mendukung program pemerintah mengurangi polusi udara. Kalau pengujian diluar program tentu dikenai biaya Rp 160 ribu,” katanya.

Masih kata Abdul Rahman, keuntungan  dari cek emisi ini juga untuk mengetahui tingkat gas buang dari kendaraan apakah sesuai standar yang ditentukan pemerintah.

“Kalau melebihi ambang batas bisa dikenai sanksi sesuai ketentuan dan ini sudah berlaku di DKI Jakarta. Kalau di Pandeglang memang belum sampai ada sanksi namun banyak juga kendaraan asal Pandeglang masuk DKI yang mengharuskan kadar emisinya sesuai standar,” ujarnya.

Kepala Teknisi Auto2000 Pandeglang Arif mengungkapkan, dalam cek emisi ini ada beberapa item yang bisa diketahui pemilik kendaraan yakni CO (karbon monoksida), HC (hidrokarbon), CO2 (oksigen), Nox (oksida nitrogen), Lambda (perbandingan antara campuran udara dan bahan bakar),  AFR (rasio udara dengan bahan bakar) H/C  dan O/C.

“Sudah ada beberapa kendaraan yang melakukan pengcekan emisi. Manfaatnya sangat banyak dari cek ini dan kami juga akan merekomendasikan kepada pemilik kendaraan langkah yang harus diambil setelah pengecekan emisi,” kata Arif. (muhaemin)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp