Pandeglang
Trending

Balon Kades Kadubungbang Komitmen Majukan Desa

PANDEGLANG, BANTEN RAYA – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 207 desa di Kabupaten Pandeglang pada 18 Juli 2021 mendatang akan digelar. Para bakal calon kepala desa pun ramai-ramai mempersiapkan diri hingga menyusun visi misi untuk memajukan desanya. Seperti yang dipersiapkan oleh Idis Supandis bakal calon Kepala Desa Kadubungbang, Kecamatan Cimanuk. Idis berkomitmen akan memajukan desanya dengan cara meningkatkan sumber daya manusia (SDM) pemuda, dan mengoptimalkan peran usaha masyarakat di bidang badan usaha milik desa (BUMDes).

“Pembangunan SDM menjadi paling utama agar masyarakat memiliki mutu dan berakhlakul kharimah. Sehingga desa kami kedepan lebih maju dan masyarakatnya sejahtera. Kita juga ingin menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat yang baik, dan mandiri dibawah naungan BUMDes,” kata Supandi. Dikatakannya, saat ini pihaknya tengah menyusun strategi pembangunan desa. Terutama memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan, pendidikan dan kesehatan.

“Saya ingin kedepan meningkatnya infrastruktur desa yang berkelanjutan guna penopang perekonomian desa yang lebih baik. Dan meningkatnya sarana prasarana pendidikan dan kesehatan desa,” ungkapnya. Tidak hanya itu, kata dia, Desa Kadubungbang banyak potensi yang harus dikembangkan, baik dalam bidang pertanian, perikanan maupun peternakan.

Namun perlu mendapat permodalan dari desa agar kedepan terwujudnya swasembada pangan desa, dan gerakan mandiri pangan. “Dengan program itu, saya berharap kelompok pertanian, perikanan dan peternakan mendapatkan permodalan yang baik,” ujarnya.

Dijelaskannya, desanya memiliki potensi untuk maju. Salah satunya dengan mewujudkan desa mandiri sebagai kawasan wisata, dan agrobisnis berbasis teknologi ramah lingkungan. “Desa kami ini memiliki potensi PAD (pendapatan asli daerah) yang cukup besar, dan perlu kita kembangkan. Salah satunya adalah pemandian Batu Qur’an Cikoromoy. Sehingga kita harus mengoptimalkan potensi wisata desa melalui program desa sadar wisata,” jelasnya. (yanadi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp