DaerahEkonomi & BisnisPandeglang
Trending

Bus AKAP Masih Diperbolehkan Beroperasi di Masa Larangan Mudik, tapi Wajib Ikuti Aturan Ini

PANDEGLANG, BANTEN RAYA – Operasional bus antarkota antarprovinsi (AKAP) akan dibatasi selama pemberlakuan larangan mudik lebaran Idul Fitri 2021. Para penumpang harus tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 dengan menjaga jarak dan menggunakan masker. 

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Labuan Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Provinsi Banten Lina Darlina mengingatkan, para pengguna bus untuk menerapkan prokes. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus korona. 

“Saya imbau bus dan penumpang tetap menerapkan jaga jarak, tetap memakai masker. Kita harus tetap menerapkan prokes. Apalagi jumlah penumpang bus kita batasi,” pesan Lina, Sabtu (8/5/2021). 

Kepala Dinas Perhubungan Pandeglang Tatang Mukhtasar mengatakan, dinasnya sudah memberikan imbauan untuk para sopir dan penumpang agar menerapkan prokes. Kondisi penyebaran virus korona harus menjadi perhatian. 

“Sudah kita ingatkan. Kita harus selalu dan tetap untuk menerapkan prokes. Tujuannya, agar kita terhindar dan mencegah penyebaran Covid-19,” tuturnya. 

Dijelaskannya, keselamatan dan kesehatan penumpang harus tetap diperhatikan oleh setiap kendaraan umum di tengah mewabahnya virus korona. 

“Ya, mau tidak mau kita harus menerapkan protokol kesehatan agar kita terhindar dari Covid-19,” jelasnya.

BACA JUGA: Sopir dan Penumpang Bus di Terminal Pakupatan Diperiksa Covid-19 Pakai GeNose, Ini Hasilnya

Diterangkan Tatang, masa larangan mudik Lebaran 2021 berlaku mulai tanggal 6-17 Mei 2021. Pada masa itu, ada bus yang dilarang beroperasi, namun ada pula bus yang masih tetap mengangkut penumpang. 

Syaratnya, setiap bus harus memiliki stiker khusus dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan menerapkan prokes. 

“Pastinya kita mengacu pada aturan Kemenhub. Stiker bus ini kan yang mengeluarkan Kemenhub. Jadi kita ikuti aturan pusat. Kita harus tetap menerapkan prokes,” terangnya. (yanadi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp