DaerahEkonomi & BisnisPandeglang
Trending

Empat BUMD Peroleh Laba, Pemkab Pandeglang Kecipratan Untung Segini

PANDEGLANG, BANTEN RAYA – Empat Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkab Pandeglang kini telah berhasil memeroleh laba mencapai Rp3,5 miliar. Keberhasilan memperoleh laba dinilai akan semakin meningkatkan kepercayaan publik terhadap perusahaan plat merah tersebut.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Pandeglang Agus Makdum mengatakan, empat BUMD Pandeglang yang selama ini berhasil mengembangan usaha adalah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Berkah, PDAM Tirta Berkah, PT Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Berkah dan Perusahaan Daerah (PD) Pandeglang Berkah Maju (PBM). 

“Empat perusahaan itu setiap tahunya sudah mampu memberikan deviden bagi pemkab Pandeglang. Pada 2020 Deviden BPR Berkah Rp3 miliar, PDAM Rp400 juta, PT LKM Rp75 juta, dan PBM Rp53 juta,” katanya usai rapat evaluasi BUMD di Coconut Island Labuan, akhir pekan kemarin.

Dikatakannya, rapat evaluasi BUMD ini bertujuan untuk meningkatkan performa perusahaan termasuk mencari solusi persoalan-persoalan yang masih mengganggu jalannya BUMD. 

“Pemkab Pandeglang ingin semua perusahaan daerah sehat baik manajemennya maupun pelayanannya. Perlu dilakukan evaluasi untuk memaksimalkan perusahaan,” kata mantan Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pandeglang ini. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Pandeglang Pery Hasanudin mengaku senang karena empat BUMD Pemkab Pandeglang sudah mengasilkan laba atau deviden. Laba menurutnya akan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada BUMD sebagai lembaga usaha yang selama ini mendapat dukungan modal dari APBD.

“BUMD kami lihat mengalami kemajuan yang sangat signifikan. Kinerja mereka sudah terbukti mampu memberikan deviden bagi pemerintah daerah. Hasil positif ini harus terus ditingkatkan sehingga memberikan kontribusi lebih besar lagi bagi pendapatan dan pembangunan di Kabupaten Pandeglang,” kata Sekda usai. (muhaemin/hendra)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp