DaerahPandeglangPolitik
Trending

Gugatan Thoat Kandas, Irna-Tanto Siap Dilantik Lagi

JAKARTA, BANTEN RAYA – Mahkamah Konstitusi memutuskan menghentikan perkara perselisihan hasil perselisihan (PHP) Pilkada Pandeglang yang diajukan pasangan calon Thoni Fathnoni Muskon-Miftahul Tamami (Thoat). Pembacaan keputusan ini diucapkan dalam sidang lanjutan PHP yang digelar secara online dan live you tube oleh MK, Senin (15/2/2021) pukul 09.00 WIB.

“Berdasarkan penilaian atas fakta hukum, Mahkamah berkesimpulan menyatakan ekspeksi termohon berkenaan dengan tenggang waktu pengajuan permohonan beralasan menurut hukum. Menyatakan permohonan pemohon melewati tenggang waktu pengajuan permohonan,” kata Hakim Ketua MK Anwar Usman.

“Dalam pokok permohonan menyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima,” tambah Anwar Usman.

Diakhir putusannya, hakim MK membacakan bahwa keputusan MK ini diputus dalam rapat permusyawaratan hakim oleh sembilan hakim MK yaitu Anwar Usman sebagai ketua merangkap anggota, Aswanto Wahiddudin Adam, Ennyu Nurbaningsih, Suhartoyo, Daniel Yusmic P Foekh, Arif Hidayat, Saldi Isra, dan Manahan MP Sitompul

Sebelum membacakan putusan, hakim MK terlebih dahulu membacakan kronologis putusan termasuk kewenangan mahkamah.

Hakim MK juga menyatakan bahwa tenggang waktu pengajuan permohonan sudah melewati batas waktu yang ditentukan. Bahwa tenggang waktu 3 hari kerja sejak termohon mengumumkan penetapan perolehan suara hasil pemilihan adalah rabu Desember 2020 sampai dengan Jumat 18 Desember 2020.

“Mahkamah menyatakan permohonan diajukan melewati batas waktu yang ditetapkan peraturan perundang-undangan,” katanya 

Sidang sendiri dibuka tepat pukul 09.00 WIB oleh Hakim Ketua MK Anwar Usman. “Pagi ini sidang pengucapan ketetapan dan putusan untuk beberapa perkara, sesi pertama ada 14 perkara,” kata Anwar Usman.

Putusan penghentian perkara yang diajukan Thoat ini sekaligus memberikan karpet merah kepada pasangan Irna-Tanto untuk kembali memimpin Pandeglang lima tahun ke depan. (muhaemin)

 

 

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp