DaerahPandeglang

Ikan Lamuru Berserakan di Pinggir Pantai Gegerkan Warga Pagelaran

PANDEGLANG, BANTEN RAYA – Warga Kabupaten Pandeglang Selatan digegerkan dengan penemuan ikan lamuru yang berserakan di pesisir Pantai Karoeng, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, Senin (14/12/2020). Penemuan ikan ini sempat viral di media sosial hingga pesan WhatsApp.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pandeglang Suaedi Kurdiatna membenarkan, ikan yang ditemukan warga tersebut. Apa yang terjadi di pesisir pantai itu bukan dikarenakan fenomena alam. Namun dibuang oleh nelayan karena kurang layak untuk dikonsumsi.

“Berdasarkan informasi dari penyuluh perikanan bahwa ikan lamuru atau cireng itu ada kemungkinan hasil tangkapan nelayan yang dibuang di laut karena kondisi ikan sudah busuk dan gatal,” kata Suaedi dihubungi melalui telepon seluler.

Ia menilai, dibuangnya ikan tersebut karena kurang diminati. “Kata penyuluh perikanan yang mantau lokasi, ikan tersebut nilai ekonomisnya sangat rendah dan murah, sehingga dibuang kembali ke laut kemudian terbawa ombak dari tengah laut hanyut ke pesisir pantai,” terangnya.

Menurutnya, penjualan ikan lamuru saat ini tidak laku di pasaran karena musim hujan. “Ikan itu hanya 500 rupiah per kilogram. Di musim penghujan ini banyak pengepul yang tidak mau menerima karena musim hujan, mereka enggak bisa menjemur. Biasanya ada pembeli dari Cirebon, sekarang tidak ada,” ucapnya.

Penyuluh Perikanan Dinas Perikanan Pandeglang Didi menuturkan, penemuan ikan tersebut sebelumnya sudah terjadi. “Ikan itu dibuang sama nelayan karena tahun sebelumnya juga pernah ada penemuan ikan yang terdampar di pesisir pantai,” katanya. (yanadi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp