DaerahKesehatanPandeglang
Trending

Jangan Asal Beli, Waspada Penyakit Antraks pada Hewan Kurban

PANDEGLANG, BANTEN RAYA – Masyarakat Kabupaten Pandeglang diimbau teliti sebelum membeli hewan kurban jelang Idul Adha. Soalnya penyakit antraks rawan menyerang hewan kurban seperti sapi, kerbau, dan kambing.

Kepala UPT Pusat Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang Ade Setiawan mengatakan, antraks membuat hewan kurban tidak sehat. Padahal kesehatan hewan menjadi syarat utama hewan kurban.

“Sebetulnya Pandeglang bebas penyakit antraks tap tetap saja harus diwaspadai terutama jelang Idul Adha,” ujarnya, kemarin.

Untuk memastikan hewan kurban sehat, kata Ade, perlu dilakukan pengecekan kesehatan. “Semua hewan kurban harus diperiksa oleh dokter hewan agar kondisinya sehat dan tidak terkena penyakit,” ujarnya.

BACA JUGA: BUMD Agrobisnis Berambisi Bangun Peternakan Sapi Perah di Banten, di Sini Lokasinya

Dijelaskannya, menjelang Lebaran Idul Adha tim kesehatan akan melakukan pengecekan terhadap kesehatan hewan kurban di sejumlah lapak. “Pastinya semua lapak penjual hewan kurban nanti akan kita cek. Kalau nanti hewan yang mereka jual sudah kita cek akan diberikan surat keterangan sehat. Kalau pun ada hewan kurban yang tidak sehat, tidak kita berikan surat keterangan sehat,” jelasnya.

Saksikan Kegiatan Reses Anggota DPRD Provinsi Banten di Banten Raya Channel

Sarip, penjual hewan kurban di Kecamatan Karangtanjung memastikan hewan kurban yang dijual dalam kondisi sehat dan tidak terkena penyakit. “Kambing maupun kerbau yang saya jual semuanya sehat,” katanya. (yanadi/muhaemin)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp