DaerahPandeglang
Trending

Jelang Bulan Puasa, Harga Ayam Potong dan Sayur Mayur Naik

PANDEGLANG, BANTEN RAYA – Sejumlah harga kebutuhan pokok di pasar tradisional di Kabupaten Pandeglang menjelang bulan puasa Ramadan merangkak naik. Kenaikan yang terasa pada komoditas daging ayam negeri yang sebelumnya dijual Rp 30 ribu kini jadi Rp38 ribu per kilogram. Harga beberapa jenis sayuran seperti cabai merah dan kritings serta tomat juga ikut naik.

“Harga ayam sekarang lagi naik. Kenaikan harga baru tiga hari yang lalu karena banyak pembelinya. Ini biasa kalau mau puasa,” kata Aceng penjual ayam potong di Pasar Badak Pandeglang.

Dia mengatakan, kenaikan harga biasanya tak lama karena dalam waktu dekat diprediksinya harga akan kembali turun. “Ya mudah-mudahan enggak lama juga harga ayam turun lagi,” ujarnya.

Tidak hanya ayam, harga sayuran di Pasar Labuan juga ikut naik. Seperti harga bawang merah yang tadinya Rp27 ribu, naik menjadi Rp30 ribu per kilogram, harga tomat yang tadinya Rp7 ribu menjadi Rp10 ribu per kilogram. Begitu juga dengan harga cabai rawit hijau yang tadinya Rp40 ribu, naik menjadi Rp60 ribu, dan harga cabai rawit merah semula Rp40 ribu sekarang naik menjadi Rp120 ribu per kilogram. 

“Kalau jenis sayuran yang lain harganya masih stabil,” kata Yani penjual sayuran di Pasar Kecamatan Labuan.

Dia tidak mengetahui, penyebab kenaikan harga tersebut, namun yang jelas setiap menjelang Ramadan harga sembako kerap mengalami kenaikan.

“Biasanya kalau mau puasa harga-harga suka naik, tapi suka turun lagi. Nanti pas mau lebaran pasti harga-harga pada naik lagi,” katanya.

Koordinator UPT Pasar Labuan Tatang Gojali membenarkan, beberapa harga kebutuhan pokok seperti daging ayam dan sayuran mengalami kenaikan. 

“Dari hasil pemantauan harga yang kami lakukan memang ada beberapa bahan pangan yang naik,” terangnya.

Untuk menekan harga, kata dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan Disperindag untuk melakukan operasi pasar di sejumlah pasar tradisional di wilayah Kabupaten Pandeglang. 

“Biasanya nanti ada operasi pasar,” ujarnya. (yanadi/muhaemin)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp