DaerahPandeglangWisata & Kuliner
Trending

Kampung Korea di Atas Gunung Karang, Destinasi Baru yang Menyedot Animo Masyarakat

Bagian 2-2 (Habis)

PANDEGLANG, BANTEN RAYA – Uus Sutia, pemilik Kampung Korea, tidak menyangka animo masyarakat Banten begitu tinggi mendatangi Kampung Korea. Baru dibuka pada 31 Desember 2020 lalu, atau baru sekitar dua minggu, sampai dengan saat ini sudah ada 8.000-an pengunjung yang mendatangi Kampung Korea di atas Gunung Karang tersebut.

“Enggak nyangka karena awalnya cuma coba-coba,” kata Uus, bekum lama ini.

Uus mengatakan, awalnya ia hanya ingin membuat spot selfie sebagai tempat nongkrong. Ide pertamanya adalah membuat rumah hobbit, rumah penyihir, dan suasana Inggris dengan menghadirkan telepon umum berwarna merah yang ikonik itu. Lalu terlintas ide membuat nuansa Korea.

Di luar dugaan, ternyata banyak pengunjung yang penasaran dan menyukai konsep Kampung Korea tersebut. Banyak pengunjung yang datang dari jauh seperti dari Balaraja, Cilegon, Tangerang, dan Cibaliung. Apalagi di Banten sampai saat ini belum ada yang membuat Kampung Korea. Di Indonesia sendiri baru sekitar tiga daerah yang memiliki tempat wisata Kampung Korea, salah satunya Bandung.

Ia meyakini ramainya kunjungan Kampung Korea selain karena saat ini masyarakat Indonesia sedang demam Korea juga karena kekuatan media sosial. Orang berlomba-lomba mengabarkan tentang sesuatu yang unik di akun media sosial mereka. Dan Korea sangat unik karena sedang hits.

Secara kebetulan pula, Uus dan istri sama-sama menyukai film Korea. Uusu lebih menyukai film Korea bergenre kolosal sementara istrinya menyukai drama Korea romantis. Sehingga sedikit banyak Uus dan istri tahu tentang Korea dari aktivitas nonton film itu.

Menurut Uus demam Korea yang melanda Indonesia juga bisa menjadi peluang bisnis. Semua orang yang menyukai Drama Korea pasti ingin menikmati suasana Korea, misalkan mengenakan pakaian khas Korea, hanbok. Selain itu ia ingin menciptakan tempat wisata asing di Pandeglang yang selama ini belum pernah dilakukan orang lain.

“Saya ingin menciptakan tempat wisata yang belum ada dan beda,” katanya.

Kampung Korea ke depan juga akan melengkapi koleksi pakaian hanbok dengan pakaian yang dikenakan oleh para raja, putri, dan pejabat kerajaan Korea masa lalu. Sehingga ketika difoto pengunjung akan terlihat lebih elegan. Pakaian hanbok yang digunakan langsung diimpor dari Korea.

Uus sendiri mengaku akan berhenti dari pekerjaannya saat ini sebagai pegawai salah satu bank di Jakarta dan akan fokus mengembangkan Kampung Korea. Sebab menurutnya, perlu konsentrasi ekstra guna mengembangkan Kampung Korea sehingga ke depan bisa menjadi salah satu tempat wisata andalan di Pandeglang. (tohir)

 

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp