DaerahPandeglangWisata & Kuliner
Trending

Kampung Korea di Atas Gunung Karang, Hadirkan Spot Swafoto Khas Negeri Gingseng

Bagian 1-2 (Bersambung)

PANDEGLANG, BANTEN RAYA – Bagi para pecinta drama Korea atau drakor tetapi belum bisa mengunjungi Korea, bolehlah mampir di Kampung Korea. Terletak di Kampung Cigentur, Desa Kadu Engang, Kecamatan Cadasari, Pandeglang, Banten, kampung ini menghadirkan suasana ala negeri gingseng Korea bagi para pengunjung. Seperti apa penampakannya? Berikut liputannya.

Kampung Korea terletak di puncak Gunung Karang. Ketika memasuki area ini suasana Korea sudah mulai terasa. Hiasan dan ornamen di kampung ini semua berbau Korea. Mulai dari rumah khas Korea, pemandangan, bendera, sampai berbagai tulisan aksara Korea atau hangeul. Bahkan pengelola tempat wisata ini juga menyewakan pakaian khas Korea yang biasa dikenal dengan hanbok kepada pengunjung.

Banyak juga tempat selfie atau swafoto ala-ala Korea yang bisa mewakili seolah-olah pengunjung sedang berada di Korea. Di-launching pada 20 Desember 2020 dan dibuka untuk umum pada keesokan harinya, Kampung Korea menjadi salah satu destinasi wisata baru di Pandeglang yang akan memperkaya referensi wisata para pelancong.

Berada di pegunungan, Kampung Korea memiliki suasana tenang dan udara yang sejuk. Semula, Kampung Korea merupakan perkebunan cengkeh milik Uus Sutia. Karena masih baru, maka fasilitas yang ada pun masih cukup terbatas.

Menurut Omariah, pengurus Kampung Korea, fasilitas yang tersedia sementara ini di Kampung Korea adalah spot selfie ala Korea dan pakaian adat hanbok, baik untuk lelaki maupun perempuan. Namun, koleksi hanbok untuk perempuan lebih banyak dan beragam dibandingkan dengan hanbok untuk laki-laki. Pasalnya, pengunjung lelaki jarang juga yang ingin mengenakan pakaian khas Korea ini karena malu. Khusus untuk peminjaman hanbok hanya tersedia sampai pukul 17.00 WIB.

“Karena masih baru jadi masih terbatas fasiitas dan tempatya,” kata Teh Oom, panggilan akrab Omariah, belum lama ini.  

Kampung Korea buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB karena masih tahap awal dan jumlah penunjung masih belum begitu ramai. Saat sore atau menjelang senja pengunjung biasanya sudah mulai sepi. Bila kemudian jumlah pengunjung ramai, maka Kampung Korea bisa dibuka sampai pukul 20.00 WIB

Untuk bisa menikmati Kampung Korea, setiap pengunjung akan dikenakan tiket masuk Rp5.000 per orang. Sementara biaya sewa hanbok Rp10.000 per baju. Biaya parkir sepeda motor dipatok Rp5.000 sementara parkir mobil Rp10.000.

Rute paling mudah dan nyaman menuju Kampung Korea adalah dengan melintasi Jalan Raya Pandeglang bila dari arah Serang. Melewati Cipeucang dan sebelum Pasar Pandeglang, akan ada pertigaan Juhut yang bercabang ke kanan. Jarak antara pertigaan Juhut ke lokasi sekitar 5-6 kilometer. Sepanjang perjalanan menuju Kampung Korea medan jalan menanjak meski tidak curam. Karena kondisi jalan cukup baik, maka perjalanan akan tetap bisa nyaman meski mengendarai mobil.

Di sepanjang perjalanan, selain bisa melihat rumah warga juga melihat pepohonan lebat. Beberapa warga menanami sayur-mayur seperti caesim, slada air, tomat, dan lainnya. Namun yang dominan adalah pepohonan cengkeh yang merupakan mata pencaharian warga sekitar. (tohir)

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp