DaerahEkonomi & BisnisPandeglang
Trending

Kartu Kendali Gas Elpiji Bersubsidi Pandeglang Dinilai Efektif Kendalikan Harga

PANDEGLANG, BANTEN RAYA – DPRD Kabupaten Pandeglang mendorong pemerintah daerah untuk menerapkan kartu kendali penggunaan gas elpiji 3 kilogram bersubsidi. Para wakil rakyat menilai, kartu kendali selain untuk memastikan harga gas elpiji sesuai harga eceran tertinggi (HET), tetapi juga untuk menghindari kelangkaan hingga terjadi monopoli. 

Ketua DPRD Kabupaten Pandeglang Tubagus Udi Juhdi mengatakan, penerapan kartu kendali ini salah satu solusi menyelesaikan gas elpiji 3 kilogram di lingkungan masyarakat. Sebab, dengan kartu kendali ini, maka pangkalan tidak boleh menjual kepada pengecer atau yang tidak memiliki kartu kendali. 

“Saya rasa kartu kendali ini cukup efektif. Kalau nanti kartu ini diberlakukan agen dan pangkalan tidak boleh melayani pembeli atau masyarakat yang tidak punya kartu,” kata Udi, ditemui di kantornya, Jumat (19/3/2021). 

Menurutnya, dengan kartu kendali setidaknya dapat membantu pemerintah daerah dalam melakukan pengawasan. 

“Sebetulnya tidak hanya pengawasan saja, tapi kita juga dapat menghindari kelangkaan, tidak terjadi monopoli dan penimbunan. Sebab, dengan kartu kendali dapat terpantau,” ujar politisi Gerindra ini. 

Untuk menerapkan kartu tersebut, kata dia, DPRD bekerja sama dengan pemerintah daerah melakukan kajian. Berdasarkan informasi yang diperolehnya, penerapan kartu kendali penggunaan gas bersubsidi harus mengacu pada peraturan pemerintah pusat. 

“Nanti kita kaji dulu aturannya seperti apa, karena di Banten ini belum ada yang menerapkan kartu kendali, tapi sudah diterapkan oleh luar daerah,” katanya. 

Senada disampaikan Anggota Komisi II Anton Haerul Samsi. Kata dia, DPRD dan pemerintah daerah harus melakukan kajian terlebih dahulu sebelum menerapkan kartu kendali penggunaan gas elpiji. 

“Kartu kendali penggunaan gas elpiji bersubsidi yang diperuntukkan untuk warga miskin ini harus dikaji dulu. Kita ingin penerapan kartu ini sesuai dengan peraturan yang ada. Kita ingin  bagaimana gas elpiji untuk masyarakat dapat terpenuhi, dan harga sesuai dengan aturan,” tuturnya. (yanadi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp