DaerahKesehatanPandeglang
Trending

Kemenkes : Vaksin Covid-19 Aman, Kenapa Mesti Ragu

PANDEGLANG, BANTEN RAYA – Masyarakat di Kabupaten Pandeglang diimbau tak perlu khawatir untuk disuntik vaksin. Sebab, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan vaksin Covid-19 yang digunakan aman untuk masyarakat.

“Pastinya aman, kalau enggak aman enggak bakalan dipakai. Uji klinis satu itu menguji keamanannya. Masyarakat paham dan tidak terlalu khawatir,” kata Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi Achmad Yurianto ditemui dalam acara kunjungan kerja Komisi IX DPR RI di Pendopo Kabupaten Pandeglang, Jumat (22/1/2021). 

Dia menegaskan, penggunaan vaksinasi Sinovac Covid-19 sudah mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan halal. 

“Vaksinasi ini sudah diterima oleh WHO, BPOM, MUI. Di sisi mana kita ragu-ragu. Vaksinasi sudah teruji klinis. Kita enggak mungkin mencoba sesuatu yang tidak ada manfaatnya. Oleh karena itu, masyarakat dapat meyakini vaksinasi,” ujarnya. 

Dijelaskannya, untuk sasaran yang akan dilakukan vaksinasi di Kabupaten Pandeglang baru untuk tenaga kesehatan. 

“Pandeglang masuk prioritas yang pertama untuk tenaga kesehatan, tetapi pada gelombang kedua,” jelasnya. Menurutnya, yang saat ini tengah dilakukan pengujian adalah berapa lama penggunaan vaksinasi dalam mencegah penyebaran Covid-19. 

“Hanya memang sampai sekarang yang masih dalam penelitian kita, kekebalan tahan berapa lama, karena suntikan pertama kekebalannya hanya 65 persen. Makanya, harus disuntik dua kali, biar kekebalannya akan maksimal mencapai 90 persen. Dan suntikan kedua ini mutlak harus dilakukan,” pesannya. 

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, tahap awal yang akan menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 di Pandeglang adalah tenaga kesehatan. 

“Utamanya pelayanan publik dulu, salah satunya tenaga kesehatan yang menjadi leading sektor. Sekitar 99,7 persen tenaga kesehatan yang akan divaksinasi,” tuturnya. (yanadi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp