DaerahPandeglang
Trending

Mau Jadi Kades? Catat, Ini Persyaratan Nyalon di Pilkades Serentak Pandeglang 2021

PANDEGLANG, BANTEN RAYA – Sebanyak 207 desa di Kabupaten Pandeglang akan melaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada Juni 2021 mendatang. Pilkades ini diprediksi semarak dan kompetitif sehingga masing-masing calon harus betul-betul memperhatikan syarat pencalonan karena jika tidak makan akan langsung gugur.

Informasi yang dihimpun, syarat resmi pencalonan kepala desa di Kabupaten Pandeglang memang masih digodok dan akan dituangkan dalam Peraturan Bupati (Perbup) tentang Pilkades. Namun secara umum syarat yang akan diberlakukan antara lain calon kepala desa harus memiliki KTP Elektronik, minimal berusia 25 tahun, memiliki ijazah SMP/sederajat. Bersedia dicalonkan sebagai kades, tidak sedang berstatus sebagai tersangka atau terdakwa dan tidak sedang menjalani hukuman pidana penjara.

Ketua Komisi I DPRD Pandeglang Endang Sumantri mengatakan syarat pencalonan kepala desa di Pandeglang belum final karena nantinya akan diputuskan lewat perbup. “Perbupnya masih dirancang. Tapi secara umum syaratnya sama dengan pilkades sebelumnya,” kata Endang, Kamis (4/2/2021).

Anggota Komisi I DPRD Pandeglang lainnya Candra Angga menilai syarat pencalonan pilkades serentak kali ini cukup berat. Candra mencontohkan, ada syarat yang mengharuskan calon harus mampu membuat formulasi pemecahan masalah dalam kepemimpinan. 

“Ini (syarat-red) berat terutama bagi saya sendiri, tapi inilah hal yang akan membuat kades terpilih kompeten. Calon-calon terbaik yang memiliki kualitas akan muncul sehingga desa di Pandeglang maju. Kita tunggu saya syarat resminya yang akan dituangkan dalam perbup,” kata Candra. (muhaemin)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp