DaerahPandeglangWisata & Kuliner
Trending

Melihat Lebih Dekat Pantai Cipanon, Minim Ombak Aman untuk Anak-anak

PANDEGLANG, BANTEN RAYA- Sebagian warga Banten atau luar Banten pasti sudah pernah datang ke pantai Tanjung Lesung. Berlokasi di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten, pantai ini merupakan salah satu pantai unggulan di Pandeglang.

Namun, mungkin tidak banyak yang mengetahui Pantai Cipanon. Padahal, lokasinya sangat dekat dengan pantai Tanjung Lesung. Bahkan, sebenarnya, masih satu kawasan dengan pantai Tanjung Lesung dan masih di desa yang sama.

Salah satu sudut Pantai Cipanon.

Bila ingin ke Pantai Cipanon, dari pantai Tanjung Lesung cukup mengambil jalan lurus saja melewati beach club pantai Tanjung Lesung. Nanti akan ada jalan tanah yang melintasi lapangan berumput. Di ujungnya menanti Pantai Cipanon.

Berbeda dengan Pantai Legon Waru yang ombaknya sangat kencang, Pantai Cipanon memiliki ombak yang lebih kalem. Pinggir Pantai Cipanon juga tidak begitu banyak bebatuan besar sehingga lebih aman bagi anak kecil. Hanya di bagian agak ketengah bebatuan tampak menyembul dari dalam air.

Namun untuk berenang di pantai ini pengunjung harus berhati-hati. Bebatuan karang yang berada di bawah air bisa membahayakan kaki bila tidak waspada. Akan tetapi, bila sampai ke tengah bebatuan sudah tidak ada lagi dan aman untuk berenang. 

Pengunjung bisa bermain air Pantai Cipanon.

Bahkan area ini kerap digunakan pengelola Pantai Tanjung Lesung untuk “mengerjai” pengunjung yang menaiki banana boat agar terjatuh dari perahu.

Persis di sebelah kanan pantai terdapat Kampung Nelayan Cipanon, perahu nelayan berukuran kecil tampak tertambat. Beberapa baru tiba di pantai setelah seharian berada di lautan dan digunakan untuk mencari ikan. Tidak jauh dari lokasi itu, jembatan dari bambu di kampung nelayan itu menjorok terus ke pantai. Jembatan ini biasa digunakan para nelayan yang baru datang dari laut dan membawa ikan.

Perahu nelayan di Pantai Cipanon.

Menurut Sumiati, salah satu warga, Pantai Cipanon biasanya sudah mulai ada pengunjung pada pukul 09.00 WIB. Banyak warga, terutama yang membawa anak kecil, berenang di pantai ini. Ombaknya yang kecil bahkan nyaris tidak ada menjadikan Pantai Cipanon sebagai lokasi favorit keluarga berenang di sini.

Ombak di Pantai Cipanon tampak minim.

Biasanya pengunjung akan sudah mulai pulang sebelum marib. Pantai pun akan sepi karena tidak ada penerangan di sini. Kehidupan yang berlanjut hanya tinggal di Kampung Nelayan Cipanon. Salah satu kekurangan pantai ini, karena memang tidak dikelola, tidak ada tempat bagi pengunjung untuk mandi dan membilas badan dari air laut yang lengket. Karena itu, pengunjung yang sudah selesai mndi di pantai bisa numpang mandi di perkampungan nelayan terdekat.

Para warga di kampung nelayan itu akan menerima dengan tangan terbuka. Mereka juga tidak memasang tarif untuk para pengunung yang numpang mandi di kamar mandi umum di kampung tersebut. Biasanya pengunjung yang numpang mandi akan membayar seikhlasnya. (tohir)

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp