Pandeglang
Trending

MUI Sebut Aliran Sesat Hakekok Sudah Lama

PANDEGLANG, BANTEN RAYA – MUI menyebut dugaan aliran sesat ritual hakekok balakasuta di Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang telah menyimpang. MUI menilai ritual mandi bareng belasan warga tanpa busana tersebut melenceng dari agama Islam.

“Ya, memang sudah menyimpang. Kami sangat menyayangkan,” kata Ketua MUI Pandeglang KH Tubagus Hamdi Maani dihubungi Banten Raya melalui telepon selulernya, Kamis (11/3/21).

Dijelaskannya, kasus dugaan aliran sesat tersebut sudah diketahui dan para pelakunya telah dilakukan pembinaan oleh MUI Kecamatan Cigeulis. Namun malah kembali digelar.

“Memang aliran hakekok itu sudah lama adanya. Sudah Dibina oleh MUI dan kiyai setempat. Udah baik dan kondusif, dan sekarang malah kumat lagi secara sembunyi-bunyi,” jelasnya. Dia menyebutkan, akan melakukan tindakan persuasif bekerjasama dengan jajaran terkait untuk memberikan pembinaan terhadap para kelompok hakekok tersebut.

“Nanti kita kerjasama dengan Bakorpakem (Badan Koordinasi Pengawas Aliran Kepercayaan Masyarakat), karena kasus itu menjadi tugas bersama,” terangnya.

Menurutnya, pihaknya akan mengusulkan agar para kelompok tersebut diberikan pembinaan. “Harus kita bina lagi. Pembinaannya nanti apakah bekerjasama dengan pihak kepolisian atau bagaimana. Insya Allah dan Mudah-mudahan bisa kembali lagi ke jalan yang benar,” paparnya. (yanadi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp