DaerahPandeglangPendidikan

Nasir MD Jadi Ketua STISIP Banten Raya, Ini yang Akan Dilakukannya

PANDEGLANG, BANTEN RAYA – Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmi Politik (STISIP) Banten Raya resmi memiliki ketua baru. Ini setelah pemilik yayasan resmi menunjuk Sekretaris Dinas Pertanian Pandeglang Nasir M Daud untuk menempati posisi tersebut, belum lama ini.

Seperti diketahui, di dunia kampus nama Nasir memang tidak asing lagi. Tidak heran, beberapa hari setelah menyangdang status ketua, pria kebolan Institut Pertanian Bogor (IPB) ini menyatakan akan melakuan berbagai langkah untuk mendongkrak kemajuan STISIP Banten Raya menjadi kampus yang punya daya saing.

“Saya ucapkan terima kasih atas kepercayaan dan amanah untuk menjadi ketua STISIP Banten Raya, dari yayasan dan seluruh civitas akademika Stisip Banten Raya,” kata Nasir dalam obrolan ringan dengan banten raya di kampusnya, Kamis (31/12/2020).

Kata Nasir, ilmu pengetahuan dan teknologi adalah kunci kesuksesan. “Tentu lembaga pendidikan merupakan salah satu yang diberi tanggung jawab untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut,” paparnya.

Kondisi saat ini menurut Nasir, kehidupan cenderung ada dalam ketidakpastian akibat perubahan. Situasi ini harus disadari agar manusia tetap dapat bertahan atau survive dan mengambil peluang. “Daya saing dan nilai tambah harus menjadi hal penting ke depan, termasuk lembaga perguruan tinggi.

Oleh karena itu perlu disadari bahwa dalam era ini era globalisasi dan era revolusi industri 4.0. Dunia pendidikan tidak cukup dengan sekadar pembelajaran saja, yang umumnya penguatan karakter dan keterampilan saja yang diutamakan. Akan tetapi perlu memperkuat juga leadership, berpikir kreatif, komunikatif, kolaborasi, dan softskill lainnya. Sehingga lulusan perguruan tinggi dapat fleksibel diterima oleh dunia kerja dalam berbagai bidang,” bebernya.

Nasir juga ingin keberadaannya di kampus yang berlokasi di Jalan Raya Rangkasbitung-Pandelang, Desa Bangkonol, Kecamatan Koroncong itu bisa membawa STISIP Banten Raya agar lebih berperan, hidup, dan turut lebih besar berkontribusi dalam kemajuan perubahan di daerah atau masyarakat. 

“Pandeglang atau Banten masih membutuhkan SDM yang mempunyai loyalitas, integritas dan inovasi yang tinggi untuk membangun Banten khususnya dan bangsa ini umumnya. Tugas STISIP Banten Raya adalah menyiapkan itu, lulusan yang berkarakter, taqwa, profesional dan mandiri sesuai visi STISIP Banten Raya, menciptakan SDM-SDM yang selalu belajar dan mencari pengetahuan baru, meningkatkan kapasitas diri sehingga dapat beradaptasi pada perubahan dan selalu dinamis menyesuaiakan diri dengan kondisi,” kata Nasir.

“Saya mengajak semua civitas akademika STISIP Banten Raya umtuk bersama-sama bekerja memberilan kontribusi untuk lembaga agar bisa mewujudkan cita-cita mencetak SDM Unggul lokal yang menglobal dengan karakter taqwa, bersemangat inovasi, profesional dan mandiri,” kata Nasir.

Masih kata Nasir, ada sejumlah hal yang perlu dilakukan dalam waktu dekat di STISIP Banten Raya diantaranya adalah penguatan prodi dalam merancang visi dan kurikulum yang disesuaikan dengan permintaan pasar dan sikon saat ini dan kedepan; melakukan penataan struktur organisasi sesuai kebutuhan yang mengarah pada efisiensi dan efektivitas; penataan personil baik pengelola, prodi, dosen sesuai kompetensi; penataan meerit sistem bagi dosen dan pengelola; penguatan penelitian, pengembangan institusi, dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan berkolaborasi dengan perguruan tinggi lainnya maupun dengan pemerintah daerah; melakukan kolaborasi kerjasama-kerjasama dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi dengan berbagai pihak, dalam dan luar negeri; penguatan publikasi jurnal nasional dan internasional; melakukan penguatan peningkatan kapasitas SDM Stisip Banten Raya untuk peningkatan kelembagaan menjadi sebuah Universitas Banten Raya, yang merupakan syarat mutlak; memperkuat lembaga dan unit-unit kerja di bawah STISIP Banten Raya agar lebih berperan dalam upaya peningkatan kualitas STISIP Banten Raya.

“Semoga semua rencana ini dapat kita lakukan secara bersama, mendapat dukungan dari semua stakeholder termasuk pemerintah daerah. Semoga Allah SWT meridai, Aamiin,” tutup Nasir. (muhaemin)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp