DaerahPandeglangPendidikan
Trending

Orang Tua Siswa di Pandeglang Boleh Dampingi Anaknya saat MPLS, Ini Syaratnya

PANDEGLANG, BANTEN RAYA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindukbud) Kabupaten Pandeglang menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 423/2908/-Dikbud/2021 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Semester Gasal 2021/2022 pada PPKM Skala Mikro Diperketat di Pandeglang. SE ini menindaklanjuti Instruksi Bupati Pandegiang Nomor 2 Tahun 2021 tentang PPKM  Skala Mikro yang Diperketat dalam Penanggulangan Covid-19 di Wilayah Kabupaten Pandeglang.

Sekretaris Dindikbud Kabupaten Pandeglang Sutoto membenarkan, Kepala Dindikbud sudah mengeluarkan SE terkait pembelajaran semester gasal. “SE ini berisi sejumlah ketentuan berkenaan dengan pelaksanaan pembelajaran tahun pelajaran 2021/2022. Sebagaimana kita ketahui, sejak dimulainya tahun ajaran baru, tanggal 12 Juli 2021 dilakukan penundaan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) sampai dengan waktu yang ditetapkan pemerintah daerah,” katanya, Senin (19/7/2021).

Sejumlah poin yang harus diperhatikan dalam SE ini atara lain, masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) secara ketat diselenggarakan dari tanggal 22-24 Juli 2021. Ketentuan MPLS Taman Kanak-kanak (TK) dapat dihadiri orang tua/wali murid yang membawa kartu vaksin, dengan pertemuan dibatasi jumlah peserta maksimal 10 orang per ruangan dan waktu maksimal 1 hari. 

Selanjutnya, MPLS Sekolah Dasar (SD) dapat dihadiri orang tua/wali murid yang membawa kartu vaksin. Pertemuan dibatasi jumlah peserta maksimal 14 orang per ruangan dan waktu maksimal 2 hari. MPLS Sekolah Menengah Pertama (SMP) dapat dihadiri orang tua/wali murid yang membawa kartu vaksin, dengan pertemuan dibatasi jumlah peserta maksimal 16 Orang per ruangan dan waktu maksimal 3.

BACA JUGA: Sambangi Banten, Panglima TNI Ungkap Kunci Atasi Pandemi Covid-19

Selanjutnya, MPLS bagi orang tua/wali murid yang belum divaksin dan calon siswa-siswi SMP dapat dilakukan melalui daring/online. Materi MPLS wajib menjelaskan cara pencegahan dan penanganan Covid-19 serta imolementasi nilai-nilai pendidikan karaktar dan pendididikan anti korupsi

Dalam SE ini juga disebutkan, pembelajaran semester gasal tahun pelajaran 2021/2022 dapat dilakukan dengan pendekatan dan teknik sebagai berikut :

  1. Satuan pendidikan TK dapat menyelenggarakan tutorial tatap muka antara guru kelas dengan orang tua/wali murid, dengan persyaratan guru sudah divaksin dan orang tua/wali murid sudah divaksin. Jumlah peserta maksimal 10 orang per ruangan dan waktu maksimal 2 jam.

Jadwal dibuat secara fleksibel disepakati oleh guru dan orang tua/wali murid. Selanjutnya orang tua/wali murid mempraktikan pembelajaran tatap muka di rumah dengan melaporkan proses kegiatan, kendala, hambatan dan hasil mengajar sesuai jadwal yang disepakati bersama. Guru diwajibkan memfasilitasi tutorial dalam bentuk video pembelajaran bagi orang tua/wali murid yang tidak mengikuti tutorial tatap muka tersebut.

2. Kelas I, II dan III satuan pendidikan SD dapat menyelenggarakan tutorial tatap muka antara guru kelas dengan orang tua/wali murid, dengan persyaratan guru sudah divaksin dan orang tua/wali murid sudah divaksin.

Saksikan Podcast Meja Redaksi di Banten Raya Channel

Jumlah peserta maksimal 14 orang per ruangan dan waktu maksimal 2 jam. Jadwal dibuat secara fleksibel disepakati oleh guru dan orang tua/wali murid. Selanjutnya orang tua/wali murid mempraktikan pembelajaran tatap muka di rumah dengan melaporkan proses kegiatan, kendala, hambatan dan hasil mengajar sesuai jadwal yang disepakati bersama. Guru diwajibkan memfasilitasi tutorial dalam bentuk video pembelajaran bagi orang tua/wali murid yang tidak mengikuti tutorial tatanymuka tersebut.

3. Pembelajaran kelas IV, V dan VI satuan pendidikan SD diselenggarakan secara daring/online atau menggunakan media video pembelajaran yang dipandu oleh guru kelas dan guru mata pelajaran.

4. Pembelajaran kelas VII, VIII dan IX satuan pendidikan SMP diselenggarakan seca daring/online atau menggunakan media video pembelajaran yang dipandu oleh guru mata pelajaran. (muhaemin)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp