DaerahPandeglangWisata & Kuliner
Trending

Pantai Legon Waru, Wisata Alam Penuh Bebatuan Nan Indah

SERANG, BANTEN RAYA- Bosan dengan pantai berpasir putih yang biasa saja? Datanglah ke Pantai Legon Waru yang berada di Tanjung Lesung, Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten. 

Di pantai ini kita akan menemukan pantai dengan bebatuan dan karang berukuran besar. Bukan merusak pemandangan, bebatuan dan karang ini malah menambah keindahan pantai. Seperti pantai yang kita saksikan di film Laskar Pelangi.

Salah satu spot di Pantai Legon Waru.

Saat mengunjunginya pada pekan lalu di siang hari, Pantai Legon Waru tampak bergairah. Debur ombak keras menghantam bebatuan besar yang tetap bergeming. Sementara ujung ombak menjilati pasir putih dan membawa kerang serta benda kecil lain ke tengah lautan.

Sejurus dengan itu, angin pantai bertiup menggoyangkan dedaunan dari pohon waru raksasa yang tegak berdiri di pinggir pantai. Di beberapa lokasi pasir putih tampak seperti menyembul dari sela-sela bebatuan besar itu.

Kontras warna pasir putih dengan warna bebatuan yang gelap. Sementara dari kejauhan air laut membiru dinaungi awan putih yang nampak membentuk bentuk-bentuk tak beraturan yang menghiasi langit berwarna biru.

Dari arah kejauhan kita bisa melihat anak Gunung Krakatau yang kecil di sebelah kanan. Dan ketika malam hari kita bisa melihat lampu berkelap-kelip di ujung lautan yang berasal dari lampu keramba para nelayan yang berada di tengah lautan.

Cangkang kerang dpaat dijumpai di Pantai Legon Waru.

Arif Fanikma, salah seorang pengunjung yang mendatangi Pantai Legon Waru, mengaku sengaja datang ke pantai ini untuk merayakan hari ulang tahun anaknya yang ke-2 tahun. Bersama dengan keluarga besar istrinya yang berasal dari Kecamatan Pandeglang, kabupaten Pandeglang, ia merayakan hari spesial itu di pinggir laut sambil membakar ikan segar yang dibeli dari nelayan.

Pantai Legon Waru dipilih karena keindahannya juga karena masih sepi pengunjung sehingga aman untuk tempat liburan keluarga dalam skala kecil. Arif mengaku datang ke pantai tersebut atas rekomendasi seorang teman yang dikenalnya yang merupakan warga sekitar. Tidak ada biaya yang dikenakan kepada pengunjung yang ingin menikmati pantai ini.

“Ini salah satu pantai yang direkomendasikan teman,” kata Arif, belum lama ini.

Setelah datang ke lokasi, kata Arif, ia setuju bahwa pantai Legon Waru memang merupakan salah satu pantai yang terindah yang ada di Tanjung Lesung yang memiliki pemandangan yang menawan.

Suasana di Pantai Legon Waru.

Batu-batu besar dan keras juga karang yang ada di pinggir pantai memang tidak membuat pengunjung leluasa untuk melakukan aktivitas berenang di pantai tersebut. Namun pemandangannya sangat indah terutama ketika pagi atau sore hari. Sejumlah pengunjung yang datang bahkan sengaja membuat foto prewedding di pinggir pantai tersebut dengan latar belakang pantai yang dipenuhi bebatuan.

Meski banyak batu karang di pinggiran pantai tersebut, namun masih ada cukup banyak juga pasir putih di pinggir pantai yang bisa dinikmati oleh pengunjung bahkan oleh anak-anak sekalipun. Hanya saja perlu ada pendampingan dari orang tua atau orang yang lebih dewasa bila anak-anak bermain di pinggir pantai karena harus ombaknya yang cukup besar.

Ada satu warung gubuk yang berada di pinggir pantai ini yang menyediakan minuman dan makanan ala kadarnya. Sehingga pengunjung yang lupa membawa bekal makanan tidak perlu khawatir kelaparan dan tidak bisa makan. (tohir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp