DaerahPandeglang
Trending

Pembangunan Huntap Korban Tsunami di Pandeglang Belum Juga Rampung, Lahan Masih Kurang 8.000 Meter

PANDEGLANG, BANTEN RAYA – Pemkab Pandeglang kembali akan melakukan pembebasan 8.000 meter persegi lahan untuk membangun hunian tetap (huntap) korban bencana tsunami di Desa Sumberjaya, Kecamatan Sumur. Penambahan dilakukan karena lahan sebelumnya tidak cukup.

Seperti diketahui, peristiwa tsunami terjadi di Selat Sunda pada akhir 2018 lalu. Kejadiam tersebut disebabkan oleh letusan Gunung Anak Krakatau dan menghantam daerah pesisir Banten dan Lampung.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, Rahmat Zultika mengatakan, lahan untuk pembangunan huntap di Desa Sumberjaya hingga kini ternkendala lahan yang kurang. 

“Huntap belum bisa dibangun lagi. Kita masih membutuhkan tambahan 8.000 M2 dan yang baru selesai dibebaskan 5 hektare. Mudah-mudahan pertengahan tahun ini proses pembebasan lahan bisa selesai,” kata Rahmat, Rabu (24/3/2021).

Menurut Rahmat, BPBD tidak memiliki kewenangan dalam melakukan proses pembebasan lahan. Proses pembebasan menjadi kewenangan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Pandeglang. 

“Itu kewenangannya ada di Perkim (DPKPP-red). Kita hanya pembangunan saja,” ujarnya.

Rahmat memastikan, jika pembebasan lahan selesai maka pihaknya akan langsung proses pembangunan dengan sumber anggaran dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Total huntap yang akan dibangun mencapai 223 unit. “Targetnya tahun ini semua huntap selesai dibangun,” katanya.

Kepala Pelaksana harian DPKPP Pandeglang Asep Rahmat mengatakan, akan berkoordinasi dengan bidang pertanahan untuk membahas proses pembebasan lahan tambahan huntap. Pihaknya berharap, proses pembebasan lahan selesai tahun ini agar pembangunan huntap bisa dilaksanakan. 

“Nanti coba saya tanyakan dulu ke Bidang Pertanahan biar lebih jelas. Kita inginnya lahan untuk huntap itu bisa selesai tahun ini,” kata Asep. (yanadi/muhaemin)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp