DaerahPandeglang
Trending

Pendaftaran Balon Kades di Pandeglang Dibuka Hari Ini, Panitia Waspadai Pengunaan Ijazah Bodong

PANDEGLANG, BANTEN RAYA – Pendaftaran bakal calon (balon) kepala desa di Kabupaten Pandeglang dibuka hari ini, Jumat (4/6/2021). Panitia pelaksana pun berjanji akan betul-betul memverifikasi persyaratan balon terutama soal keaslian ijazah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Pandeglang Doni Hermawan menekankan, panitia Pilkades agar lebih selektif dalam penelitian berkas yang diajukan balon kades terutama berkas keabsahan ijazah masing-masing balon.

“Pendataan persyaratan calon kades penting. Salah satunya masalah ijazah yang diutamakan. Ijazah yang harus disiapkan ini adalah berpendidikan paling rendah tamat SMP (Sekolah Menengah Pertama) atau sederajat. Pastikan keasliannya,” kata Doni, Kamis (3/6/2021).

Menurutnya, berkaca dari pilkades pada tahun 2017 lalu ada beberapa kasus yang masuk ranah hukum yakni berkas persyaratan ijazah.

“Pada Pilkades sebelumnya banyak permasalahan ijazah yang kadang-kadang keabsahannya kurang. Contoh, sekolahnya kan swasta tanpa ujian negara, sehingga tidak disahkan oleh pemerintah. Kejadian itu yang sekarang harus kita antisipasi karena kami belajar tahun 2017 dulu ada kasus seperti itu, dan kasusnya masuk ranah hukum,” jelasnya.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Pandeglang Asep Setia Permana mengatakan, tahapan pendaftaran balon kades dibuka dari 4 Juni hingga 12 Juni 2021. Dalam tahapannya, panitia akan menyeleksi persyaratan masing-masing balon kades. Dia mengingatkan para balon kades untuk menjaga kondusifitas di lingkungannya masing-masing.

“Untuk balon kades yang akan mendaftarkan diri di Pilkades agar mempersiapkan semua persyaratan sebagai calon, dan pastinya menjaga kondusivitas,” ujar Asep.

BACA JUGA: Tahapan Pilkades Pandeglang Dimulai Hari Ini, Pemungutan Suara Digelar 18 Juli

Asep meminta, panitia Pilkades untuk lebih teliti memeriksa setiap persyaratan balon kades dan panitia juga harus tetap bersikap netral.

“Kepada panitia harus mengecek setiap persyaratan yang diajukan setiap balon kades. Dan panitia untuk bersikap netral dan tidak memihak kepada salah satu calon kades. Laksanakan sesuai dengan regulasi dan tahapan pelaksanaan Pilkades, di masa pandemi Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” pesannya. (yanadi/muhaemin)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp