DaerahEkonomi & BisnisPandeglang
Trending

Penjual Hewan Kurban di Pandeglang Sulit Dapat Pembeli

PANDEGLANG, BANTEN RAYA – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, sejumlah pedagang hewan kurban di Kabupaten Pandeglang mengeluh sepinya pembeli. Kondisi ini oleh pedagang hewan ternak disebut-sebut akibat kondisi ekonomi masyarakat Pandeglang yang terpuruk dihantam pandemi Covid-19.

Seperti dikatakan Budi Suratman (40) penjual hewan ternak musiman di Jalan Raya Labuan-Pandeglang, Desa Kadubumbang, Kecamatan Cimanuk, minimnya pembeli hewan kurban terjadi sejak menjelang Iul Adha tahun lalu.

“Saya sudah delapan hari buka lapak hewan kurban akan tetapi sampai dengan saat ini belum ada satu ekor pun yang terjual. Sepertinya akan seperti tahun kemarin (sepi pembeli-red),” kata Budi, kemarin.

Menurut Budi, pandemi Covid-19 ini sangat berdampak sekali baginya sebagai pengusaha hewan kurban. “Sangat terasa berat usaha di masa pandemi seperti ini. Saya sudah beberapa hari menjual hewan kurban belum ada pembeli satu orang pun,” tegasnya.

BACA JUGA: 36 Warga Meninggal Saat Isoman Selama PPKM Darurat di Banten

Lebih lanjut Budi mengatakan, dengan kondisi seperti ini dipastikan akan menyebabkan kerugian. Soalnya kata Budi, banyak biaya operasional yang harus dikeluarkan selama membuka lapak mulai sewa tempat, makan minum sehari-hari, dan gaji pekerja.

“Kalau tidak ada yang membeli terpaksa saya balikan ke kandang lagi untuk dirawat. Kebetulan kita punya peternakanya,” terangnya.

Hal serupa dirasakan penjual hewan kurban asal Gardutanjak Pandeglang, Rumadi. Ia mengaku sudah beberapa hari membuka lapak hewan kebutuhan qurban, dari 58 ekor sampai saat ini baru laku 3 ekor saja.

Saksikan Podcast Meja Redaksi di Banten Raya Channel

“Pengalaman saya selama menjual hewan kurban setiap tahunya kalau tinggal hitungan hari jelang idul adha itu sudah hampir setengahnya terjual, tetapi untuk tahun ini tinggal tiga hari lagi Idul Adha baru laku 3 ekor doang,” ucapnya. (muhaemin)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp