Pandeglang
Trending

Peringkat Indeks Desa Membangun Tahun 2020, Banten Posisi 22 Nasional

PANDEGLANG, BANTEN RAYA – Kementrian Desa, PDT, dan Transmigrasi selama ini melakukan pengukuran memotret perkembangan kemandirian Desa berdasarkan implementasi Undang-Undang Desa dengan dukungan Dana Desa serta Pendamping Desa. Potret ini kemudian diramu menjadi Indeks Desa Membangun (IDM) yang dirilis setiap akhir tahun.

Berdasarkan pemeringkatan IDM yang dilakukan Kemendes PDTT tingkat provinsi, dari 33 provinsi di Indonesia Banten berada diurutan 22 dengan skor 0.6361 dan status berkembang. Sementara untuk tingkat kabupaten, di Banten ada empat kabupaten yang diintervensi dengan DD yakni Kabupaten Tangerang, Serang, Pandeglang, dan Lebak.

Di level kabupaten, Tangerang urutan pertama di Banten atau urutan 129 nasional. Di atas Kabupaten Tangerang ada Pamekasan dan Bangka Barat, Murao Jambi, Dan Bulungan.

Kabupaten Serang ututan kedua di Banten atau posisi 199 nasional di atasnya ada OKI dan Rokan Hilir. Kabupaten Pandeglang urutan tiga di Banten atau posisi 190 nasional dengan nilai 0.6202, lalu Kabupaten lebak urutan terbawah di Banten atau posisi 334 nasional dengan nilai 0.6004.

Salah seorang pendamping desa di Kabupaten Pandeglang Rizal Wahid membenarkan bahwa Kemendes PDTT mengintruksikan agar pendamping meng-updtae IDM di desa binaanya masing-masing. “Hasil penilaian IDM 2020 sudah keluar dan saya kira terbuka untuk umum. IDM ini sangat bagus untuk menilai geliat pembangunan di desa setelah ada DD,” kata Rizal. (muhaemin)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp