DaerahPandeglang
Trending

Pilkades 3 Desa di Pandeglang Ini Rawan Gesekan Konflik

PANDEGLANG, BANTEN RAYA – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kecamatan Labuan rentan terjadi gesekan. Hal ini disebabkan karena jumlah peserta bakal calon (balon) kepala desa (kades) di Kecamatan Labuan cukup banyak.

Camat Labuan Ace Jarnuji membenarkan, berdasarkan hasil pemetaan terdapat tiga dari enam desa yang rawan konflik. Ketiga desa tersebut yakni Desa Caringin, Desa Teluk dan Desa Labuan.

“Hasil pemantauan kami ada tiga desa di Labuan sangat rawan. Faktornya antara lain Balon yang mendaftar lebih sembikan orang serta jumlah pemilihnya juga banyak,” kata Ace, Minggu (7/6/2021).

Guna mengantisipasi hal tak diinginkan, unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Labuan terus melakukan koordinasi dengan pihak keamanan agar pelaksanaan Pilkades di Labuan berlangsung kondusif.

“Saya sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, baik itu kepolisian, Koramil, dan Satpol PP untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dengan memperketat pengamanan pada saat pelaksanaan pencoblosan,” ujarnya.

Ace juga mengingatkan panitia untuk menjaga netralitas dan memberikan contoh yang baik bagi setiap balon dan masyarakat.

“Panitia tingkat kecamatan maupun tingkat desa harus menjalankan tugas sesuai dengan kewenangan dan fungsinya masing-masing. Mohon menjaga netralitas. Jangan sampai ada kecendrungan keberpihakan kepada salah satu calon karena Pilkades sangat rawan. Sebab, berhadapan langsung antara calon dengan calon lain,” pesannya.

Ia juga mengimbau para balon untuk sama-menjaga kondusifitas daerah. Pihaknya menginginkan Pilkades berlangsung aman, lancar dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Pilkades ini jangan dijadikan ajang permusuhan tapi ini suatu jalan untuk mempersatukan. Perbedaan pilihan hal biasa, karena pesta demokrasi salah satu ajang silaturahmi dan mempersatukan antara calon dengan calon, maupun pendukung dengan pendukungnya,” katanya.

BACA JUGA: Pendaftaran Balon Kades di Pandeglang Dibuka Hari Ini, Panitia Waspadai Pengunaan Ijazah Bodong

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Pandeglang Endang mengharapkan, pelaksanaan Pilkades serentak di 207 desa pada 18 Juli 2021 berlangsung kondusif. Pihaknya mengajak para balon kades dan masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondusifitas daerah.

“Jadikan Pilkades ini sebagai ajang silaturahmi. Mari kita laksanakan Pilkades dengan aman, damai dan nyaman,” pesannya. (yanadi/mujaemin)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp