Pandeglang
Trending

Proyek Tol Serpan Ruas Cileles-Panimbang Telan Biaya hingga Rp4,5 Triliun

PANDEGLANG, BANTEN RAYA – Pembangunan atau konstruksi proyek jalan Tol Serang-Panimbang (Serpan)

seksi III ruas jalan Cileles-Panimbang akan digarap pada akhir Agustus 2021. Proyek strategis nasional tersebut ditaksir menelan anggaran Rp4,5 triliun.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Banten Wida Nurfaida mengatakan, proyek pembangunan jalan tol ruas Cileles-Panimbang akan digarap oleh tiga perusahaan besar konsorsium, yakni PT Sino Road and Bridge, Adikarya, dan WIKA.

“Kita sudah tanda tangan kontrak tahun 2020. Secara pelaksanaan pekerjaan tergantung internal kontraktor. Misalnya 50 persen Adikarya dan WIKA, dan 50 persennya PT Sino. Pembagiannya berada di internal kontraktor untuk disepakati,” kata Wida, ditemui usai rapat koordinasi membahas progres pembangunan tol seksi III bersama Bupati Pandeglang Irna Narulita di Pendopo Bupati Pandeglang, Kamis (17/6/2021).

Diterangkannya, salah satu perusahaan penggarap proyek tol ruas Cileles-Panimbang adalah investor dari China. Sebab, pemerintah pusat mendapatkan bantuan keuangan dari Pemerintah China.

“PT Sino kontraktor dari China. Kita mendapatkan bantuan pinjaman keuangan dari luar negeri pemerintah China. Sekarang lagi proses di Kementerian Keuangan. Nilai kontraknya Rp4,5 triliun,” terangnya.

Menurutnya, saat ini perusahaan tol sudah menurunkan beberapa alat berat di lokasi pembangunan tol di Kabupaten Pandeglang. Rencananya, proyek tersebut akan segera dilakukan pembangunan.

“Akhir Agustus sudah mulai pelaksanaan di lapangan. Untuk targetnya dua tahun pelaksanaan,” ujarnya.

Saksikan Podcast Meja Redaksi di Banten Raya Channel

Bupati Pandeglang Irna Narulita membenarkan, penggarap proyek pembangunan jalan tol ruas Cileles-Panimbang berasal dari investor China. “PT Sino ini BUMN (badan usaha milik negara) dari China,” katanya. (yanadi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp